Larangan Menggunakan Handphone di Jepang




Ada area tertentu di Jepang dimana handphone dilarang untuk digunakan

Bagi masyarakat Jepang yang dalam kesehariannya beraktifitas dengan tempo yang cepat, handphone adalah sebuah benda yang sangat penting dalam berkomunikasi.

Tidak hanya sekedar untuk mengirim pesan kepada teman atau rekan kerja, tentunya handphone juga digunakan untuk melakukan panggilan sebagaimana telepon pada umumnya. Akan tetapi, penggunaan handphone tersebut ternyata tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Handphone, yang dalam bahasa jepang diartikan sebagai keitaidenwa (keitai:portabel ; denwa:telepon), ternyata dianjurkan untuk tidak digunakan pada saat kita sedang berada di dalam kendaraan umum seperti bus atau kereta.

Baca Juga
Etika dan Aturan di Area Publik Jepang
Cara Jepang Dalam Mengurangi Jumlah Perokok di Negaranya
Apakah Tidak Ada Orang Gemuk di Jepang?
Deretan Masjid Indah yang Ada di Jepang

Dalam budaya Jepang, dikenal istilah manner mode (マナーモード) atau yang dapat kita artikan sebagai silent mode dalam bahasa inggris. Orang-orang dianjurkan untuk mengaktifkan mode tersebut dengan tujuan agar tidak mengganggu orang lain yang sedang berada di dalam satu bus atau kereta dengan kita.

hp

Bunyi dari nada dering yang kita pasang dianggap dapat membuat polusi suara dan mengganggu hak orang lain untuk mendapatkan suasana yang tenang di dalam angkutan umum tersebut.

Budaya seperti itu juga muncul karena adanya istilah meiwaku wo kakeru dalam bahasa jepang yang artinya menyebabkan gangguan atau masalah kepada orang lain.

Selain itu, di dalam angkutan umum di Jepang juga terdapat tempat duduk yang diprioritaskan untuk lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.

Apabila kita berada di sekitar area tersebut, maka alangkah baiknya apabila kita mengaktifkan manner mode tersebut karena siapa tahu alat komunikasi yang kita gunakan dapat menyebabkan masalah kesehatan kepada orang-orang tersebut.

Bagi orang Jepang, sudah menjadi bagian dari prinsip hidup mereka bahwa hidup itu sebisa mungkin jangan sampai melakukan hal-hal yang dapat mengganggu atau merepotkan orang lain. Pertanyaannya adalah, apakah kita juga bisa menerapkan hal seperti itu dalam kehidupan kita sehari-hari?

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.