Kyoto Akan Menghilangkan Tiang Listrik dari Jalan Utama Untuk Menghidupkan Kembali Suasana Tempo Dulu




Kota Kyoto dan penduduk lokal memaksa untuk memindahkan tiang tenaga (listrik) dari jalan utama di wilayah hiburan tradisional Pontocho untuk menghidupkna kembali suasana tempo dulu.

Pemerintah kota sudah mulai bekerja untuk menaruh garis di bawah tanah bulan ini, dengan target penyelesaian pada akhir tahun 2019.

Proyek tersebut meliputi 17 tiang sepanjang 490 meter di sepanjang jalan utama, berisi dengan ochaya (rumah teh) di mana maiko (geisha) dan geiko melayani para pelanggan. Jalanan tersebut menarik banyak turis dengan bangunan kayu tradisional khas dengan banji/kisi dan atap tua.

Penduduk Ponthoco sudah berusaha untuk memperindah pemandangan kota sejak sekitar 2011, termasuk dengan menurunkan dan menghilangkan iklan yang terlalu mencolok. Sedangkan papan iklan besar dan neon sudah tidak ada lagi di jalanan.

“Kami membiarkan langit terisi dengan tiang-tiang setelah menghilangkan papan iklan,” ujar Yuichi Kaneda, wakil ketua grup perencana kota Ponthoco.

“Tiang-tiang tersebut bisa jatuh dan akan menjadi bencana, jadi kami mau melakukan tindakan untuk mencegahnya.”

Pada 2013, grup bertanya ke pemkot untuk menyediakan tempat di bawah tanah jalan utama, tapi masalah teknologi mencegah pemkot untuk melakukan hal tersebut.

Jalan utama, dengan lebar rata-rata sekitar 1.8 meter, sudah ada gas dan pipa pembuangan air kotor di bawah tanah, jadi hanya ada sedikit ruang untk meletakkan kabel listrik dengan cara tradisional.

Pemkot mengadaptasi cara baru untuk meletakkan kabel tersebut dengan paket bawah tanah untuk memulai pekerjaan.

Pemilik tanah lokal, termasuk usaha asosiasi koperasi usaha ochaya, juga berkontribusi terhadap proyek akhir ini, dengan mnewarakan tempat untuk 12 transformasi listrik.

“Maikos tidak terlihat baik dengan tiang-tiang listrik,” kata Daiki Kusunoki, ketua dari ochaya grup. “Projek tersebut sangat penting untk mengembalikan pemandangan kota dengan suasana Kyoto tempo duluoto.”

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.