Surga Untuk Para Penggemar Onsen Berada di Prefektur Gunma




Prefektur Gunma yang terletak di ujung barat laut wilayah Kanto didominasi oleh pegunungan di bagian utara, dengan populasi lebih terkonsentrasi pada bagian selatan yang menghadap Prefektur Saitama. Prefektur ini memiliku iklim yang dingin, lebih mirip ke Wilayah Hokuriku daripada dataran rendah Kanto. Wisata onsen atau mata air panas menjadi andalan dari Gunma.

Onsen merupakan bagian tidak terpisahkan dari prefektur yang berada 200 kilometer di utara Tokyo ini. Sebut saja Kusatsu, kota ini memang hanya berukuran kurang dari 50 km², namun Kusatsu memiliki lebih dari 100 onsen di dalamnya. Tidak hanya itu, Kusatsu Onsen (草津温泉) juga disebut-sebut sebagai salah satu onsen terbaik di Jepang.

Untuk menuju Kusatsu Onsen dari Tokyo, bagi pemegang JR Pass bisa naik Shinkansen Asama 617 dari Stasiun Ueno menuju Stasiun Takasaki kemudian dilanjutkan dengan naik kereta lokal JR Agatsuma Line lalu turun di Stasiun Naganohara-Kusatsuguchi.

Baca Juga
Tips Untuk Mengunjungi Onsen
Pengalaman Berkunjung ke Jepang: “Tidak Akan Pernah Puas!”
Deretan Destinasi Wisata Menarik di Prefektur Okayama
Tempat-tempat Bersejarah yang Sangat Populer di Ehime dan Wajib di Kunjungi!

Selain itu bisa juga dijangkau dengan JR highway buses dari Stasiun bis JR Shinjuku menuju Kusatsu dengan tarif sebesar 3,000 yen. JR Pass tidak berlaku untuk bis ini.

Banyak legenda beredar di antara masyarakat Jepang mengenai awal ditemukannya Kusatsu Onsen. Sebagian mengatakan bahwa onsen ini ppertama kali ditemukan oleh Yamato Takeru pada tahun 1800. Namun legenda yang paling terkenal adalah bahwa Kusatsu Onsen pertama kali ditemukan oleh Minamoto no Yoritomo, yaitu Shogun pertama pada era Keshogunan Kamakura. Minamoto no Yoritomo menemukan onsen ini saat melakukan perjalanan untuk berburu.

Salah satu pemandian di Kusatsu Onsen

Kusatsu Onsen mulai diperkenalkan ke dunia internasional oleh seorang dokter asal Jerman bernama Erwin Von Bälz pada akhir 1800an. Beliau memperkenalkan Kusatsu Onsen sebagai “an unrivaled highland spa“.

Kusatsu Onsen terkenal akan kualitas airnya yang sangat baik untuk kesehatan. Kualitas airnya diyakini mampu menyembuhkan segala jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, rematik, diabetes, dan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena Kusatsu Onsen memiliki tingkat keasaman air yang tinggi, sehingga sebagian besar jenis bakteri, mikroorganisme, serta jamur penyebab penyakit tidak dapat berkembang biak dan akan mati apabila terkena air dari Kusatsu Onsen.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.