Kunjungan Bersejarah Kaisar Jepang ke Filipina




Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko tiba di Bandara Internasional Manila, Selasa (26/01/2016) untuk memulai kunjungan selama lima hari di Filipina.

Pasangan kekaisaran berjabat tangan dengan Presiden Benigno Aquino setelah mereka turun dari pesawat. Ini menjadi kunjungan pertama Pasangan kekaisaran sejak tahun 1962.

Sebuah kalung bunga putih diberikan kepada kaisar dan karangan bunga kuning diberikan ke permaisuri. Lagu kebangsaan kedua negara dimainkan saat pasangan kekaisaran berjalan bersama presiden di antara para penjaga kehormatan dan kemudian disambut oleh para menteri kabinet Filipina.

Kaisar Jepang mengatakan negaranya harus selalu mengingat jatuhnya banyak korban jiwa di Filipina saat Perang Dunia II. Pernyataan dilontarkan Sang Kaisar dalam kunjungan empat hari ke Filipina.

“Banyak warga Filipina, Amerika dan Jepang kehilangan nyawanya di Filipina selama perang,” ujar Kaisar Akihito, sesaat sebelum berangkat meninggalkan Tokyo, Selasa (26/1/2016).

“Terutama dalam pertempuran di Manila, di mana banyak warga sipil Filipina yang menjadi korban. Dalam kunjungan ini, kita harus selalu mengingat itu setiap saat,” sambung dia, seperti dilansir Associated Press.

Kaisar dan permaisuri akan menghadiri upacara di Istana Malacanang sebagai tamu kenegaraan pada Rabu (27/01/2016).

Hubungan Jepang dan Filipina meningkat drastis dalam tujuh dekade sejak PD II. Jepang menjadi negara donor utama bagi Filipina, dan kedua negara bekerja sama dalam bidang pertahanan untuk menghadapi melonjaknya kekuatan militer Tiongkok.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.