Kumamoto Peringati 6 Bulan Terjadinya Bencana Gempa Besar




Hingga kini masih banyak penduduk Kumamoto yang masih tinggal ditempat pengungsian

Enam bulan telah berlalu sejak gempa kuat mengguncang provinsi Kumamoto dan daerah sekitarnya di Jepang barat daya. Gempa dengan kekuatan 6,5 mengguncang tanggal 14 April diikuti oleh serangkaian gempa kuat termasuk gempa berkekuatan 7,3 pada tanggal 16 April.

Sebanyak 56 orang meninggal di Kumamoto. Otoritas pemerintah setempat mengakui kematian 54 orang lain sebagai meninggal akibat penyakit terkait kelelahan, stress, dan faktor-faktor lain terkait gempa.

Pejabat prefektur Kumamoto mengatakan sekitar 172.000 rumah runtuh atau rusak. Kerusakan bangunan dan jalan diperkirakan mencapai sekitar 36 miliar dolar. Hingga kini pembangunan tempat tinggal dari penduduk yang rumahnya hancur karena gempa masih belum tuntas keseluruhan.

Setelah terjadinya gempa, terdapat 855 tempat pengungsian darurat di mana sembilan di antaranya masih menampung sekitar 200 orang. Jalanan dan layanan air masih belum beroperasi di beberapa daerah termasuk Desa Minamiaso, tempat terjadinya tanah longsor besar.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.