Kuil Meiji, Simbol Keabadian Kaisar Paling Berjasa dalam Sejarah Jepang




Kuil Meiji menjadi simbol kecintaan abadi penduduk Jepang kepada Kaisar Meiji

Apa yang terlintas di kepala ketika mendengar kata Meiji? Ya, tentu saja sosok kaisar yang berhasil meruntuhkan kekuasan Shogun dan mengembalikan Jepang ke negara Kekaisaran.

Periode Meiji (1867 – 1912) merupakan salah satu masa yang paling istimewa dalam sejarah Jepang. Di bawah pimpinan Kaisar Meiji, Jepang bergerak maju sehingga hanya dalam beberapa dasawarsa mencapai pembentukan suatu bangsa modern yang memiliki perindustrian modern dan lembaga-lembaga politik modern

Setelah kematiannya pada tahun 1912, Parlemen Jepang melayangkan resolusi untuk mengenang peran Sang Kaisar dalam Restorasi Meiji. Mereka ingin membangun sebuah kuil agar warga Jepang nantinya akan terus bisa mengenang sosok dari orang yang paling berjasa dalam sejarah Jepang ini.Kaisar Meiji juga lah yang memindahkan ibukota Jepang yang saat itu terletak di Kyoto ke Edo. Setelah itu Edo pun berganti nama menjadi Tokyo (Ibukota Timur).

Sebuah taman bunga iris di area Tokyo di mana Sang Kaisar dan permaisurinya diketahui pernah datang berkunjung dipilih sebagai lokasi bangunan kuil. Sebuah kuil yang sekarang kita kenal dengan nama Kuil Meiji (明治神宮 Meiji Jingū).

Terletak di dekat stasiun Harajuku, selain menjadi simbol keabadian Kaisar Meiji, kuil ini adalah tempat yang sangat tenang di tengah jantung kota yang sangat padat dan sibuk tersebut. Wilayah sekeliling kuil ini memang tempat-tempat yang menjadi pusat kehidupan Tokyo.

Keindahan jalan di kompleks Meiji Jingu

Kuil ini berdiri dihamparan tanah seluas 70 hektar. Di pintu masuk sebelah kanan terdapat sebuah kafe kecil dan beberapa parkir bagi pengunjung yang datang dengan mobil.

Karena ini adalah kuil yang terbilang spesial, bukan hanya sebuah bangunan spiritual, terdapat beberapa peraturan dan etika tak tertulis yang harus dilakukan dan ditaati. Salah satunya adalah sebelum melintasi gerbang besar, pengunjung diharuskan membungkuk untuk memberikan penghormatan.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.