Kota Tottori, ‘Kampung Halaman’ Detective Conan




Stasiun Conan di Tottori

Rasanya tidak ada yang tak mengenal sosok Detective Conan. Meski bukan penggemar beratnya sekalipun, nama dari serial detektif karya Gosho Aoyama ini tentu tidak akan asing ditelinga,

Hingga sekarang, sudah ada sekitar 900 chapter anime dan 80 volume manga yang diterbitkan. Serial manga Detective Conan pun sudah diterjemahkan lebih dari 10 bahasa, termasuk bahasa Indonesia tentunya.

Bagi para penggemar karya-karya Aoyama sensei, terutama serial berceritakan Conan Edogawa itu, saat sedang berkunjung ke Jepang, Tottori adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Baca Juga
Dua Bandara di Prefektur Tottori Diberikan Nama Dari Karakter Manga!
Taman Monumen Perdamaian Hiroshima, Mengenang Pentingnya Perdamaian
Couchsurfing: Bertemu Teman Baru Sambil Menekan Pengeluaran
Willer Japan Bus Pass: Solusi Lain Menjelajah Jepang Untuk Budget Traveller

Kota ini adalah kampung halaman dari sang mangaka, dan sebagai bentuk penghargaan, Tottori telah disulap menjadi sebuah tempat wisata bertemakan Conan.

Jika mengunjungi kota ini dengan menggunakan pesawat terbang, maka pengunjung akan mendarat di bandara Tottori atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Tottori Sand Dunes Conan Airport.

Tottori Sand Dunes Conan Airport
Ornamen dan hiasan Conan serta bus di Tottori Sand Dunes Conan Airport

Tidak hanya mengambil nama Conan untuk menjadi nama baru dari Bandara, tetapi desain didalam bandara dipenuhi oleh berbagai ornamen bertemakan Detektif Conan, mulai dari berbagai lukisan Conan, banner, hingga lukisan 3D dilantai bandara.

Selain bandara, kota Tottori juga merubah nama salah satu stasiunnya yang bernama Stasiun Yura menjadi menjadi Stasiun Conan pada akhir tahun 2013 silam.

Sama halnya dengan bandara, Stasiun ini juga dipenuhi dengan berbagai ornamen bertemakan Conan, seperti poster dan gambar di tangga stasiun.

Tangga di Stasiun Conan
Tangga di Stasiun Conan

Tidak berhenti disitu, hanya dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit dari Stasiun Conan, kita akan menemukan Gosho Aoyama Manga Factory.

Selama perjalanan menuju Gosho Aoyama Manga Factory kita akan disuguhkan dengan banyaknya patung-patung Conan di kanan kiri jalan.

Gosho Aoyama Manga Factory adalah sebuah museum yang dibangun sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan dari Aoyama Sensei yang diresmikan pada tahun 2007.

Didalam museum ini kita dapat menemukan salinan asli dari karya-karya Aoyama Sensei, permainan, dan gadget yang biasa kita temukan di manga Detectif Conan.

Salah satu sudut di Gosho Aoyama Manga Factory
Salah satu sudut di Gosho Aoyama Manga Factory

Museum ini beroperasi mulai dari jam 9.30 sampai 17.30 dan dibuka sepanjang tahun. Untuk bisa masuk ke museum ini kita harus membayar sebesar 200 yen untuk murid SD, 400 yen untuk murid SMP dan SMA, dan 600 yen untuk dewasa.

Mengingat Detective Conan memiliki basis penggemar yang sangat besar bukan hanya di Jepang, kota Tottori pun menjelma menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Negeri Sakura.

Jadi bagi kalian para penggemar Conan Edogawa pastikan bahwa Tottori ada didalam daftar destinasi kalian saat akan pergi ke Jepang.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.