Konsumsi Ikan Menurun, Kirimi-Chan Dijadikan Duta Kementerian Perikanan




Mungkin Jepang terkenal dengan Sushi dan Sashimi nya di luar negeri, tapi pada kenyataannya para generasi muda di Jepang cenderung lebih banyak mengkonsumsi burger atau ayam goreng dibandingkan ikan.

Sebagai usaha untuk meningkatkan permintaan terhadap ikan, pihak pemerintahan menggunakan karakter “Kirimi” dari Sanrio untuk menjadi duta promosi ikan. Sanrio merupakan kreator dari Hello Kitty.

“Karakter lucu seperti Kirimi-chan kami harapkan dapat membantu mengubah pandangan terhadap ikan menjadi lebih ceria dan menyenangkan,” ungkap pihak kementerian.

Kementerian Perikanan Jepang berharap dapat menujuk Kirimi-chan, karakter populer berbentuk seperti fillet salmon, sebagai duta dan meningkatkan permintaan terhadap ikan dan mendorong generasi muda untuk pergi ke supermarket dan membeli ikan.

Kampanye telah dilakukan oleh Pemerintah Jepang untuk menarik kembali minat konsumen kepada makanan laut mengingat terjadi penurunan atas popularitas makanan laut.

Secara historis, makanan laut telah menjadi bagian yang penting dalam konsumsi masyarakat Jepang. Produk ikan di menu pun tergolong lengkap, bahkan sampai sperma ikan hingga ikan fugu yang beracun pun disajikan di Jepang.

Namun, westernisasi pun mulai mengubah tren di Jepang, masyarakat pun lebih banyak mengkonsumsi daging dan produk susu olahan. Membuat permintaan terhadap ikan menjadi menurun.

Konsumsi daging mulai unggul dibandingkan ikan terhitung tahun 2006. Lebih lanjut menurut Kementerian Perikanan, konsumsi ikan dalam setahun untuk per orang turun hingga sepertiganya, dari titik puncak 40 kg menjadi 27 kg pada tahun 2013. Sementara rata-rata konsumsi ikan di dunia sendiri mencapai 20 kg.

Sumber: Financial Times

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.