Konbini di Jepang, Lebih Dari Sekedar Toko Kelontong




Lawson adalah salah satu perusahaan konbini terbesar di Jepang

Mini market atau toko kelontong di Indonesia sekarang mulai berkembang. Bukan hanya menjadi tempat kita untuk mencari kebutuhan sehari-hari, di ana sekarang kita bisa melakukan hal yang lain seperti membeli pulsa telepon seluler hingga dijadikan sebagai tempat berkumpul dengan teman-teman.

Di Jepang, toko seperti ini disebut Konbini dan sudah sejak dahulu menjadi teman setia bukan hanya untuk penduduk Jepang sendiri tetapi para wisatawan asing. Di pagi hari, sekitar pukul 8 hingga 9 pagi, konbini akan dipenuhi oleh orang-orang yang mencari sarapan. Mulai dari membeli onigiri hingga kopi untuk menyegarkan mata yang mungkin masih diserang kantuk.

Baca Juga
Tips Mendapatkan Visa ke Jepang
Konbini Sebagai Salah Satu Ujung Tombak Binis Jepang
Info Public Wi-Fi dan Koneksi Internet di Tokyo
Kosakata Sebelum Naik Kereta di Jepang

Meski dipadati pembeli, antrian tidak akan berlangsung lama karena para pekerjanya sangat sigap dan cekatan dalam melakukan tugas yang tidak menyebabkan antrian panjang para pembeli. Konbini di Jepang rata-rata beroperasi 24 jam dan dapat ditemukan dengan mudah lokasinya, apalagi di ibukota Tokyo.

Selain membeli kebutuhan sehari-hari, banyak yang bisa didapatkan di konbini, bahkan kita bisa membeli tiket museum hingga pertandingan olahraga di tempat ini. Lawson, 711, dan Family Mart memang mendominasi bisnis toko kelontong yang ada di Jepang, tetapi juga ada toko lainnya seperti Sunkus, Daily Yamazaki, dan MiniStop. 711 adalah yang paling nyaman untuk orang asing, karena kita dapat menarik uang tunai di ATM, serta menggunakan WiFi gratis yang mereka sediakan.

Dan, satu hal yang membedakan konbini di Jepang dan di Indonesia adalah tempat ini bukan untuk nongkrong atau kongkow karena seperti namanya “mini market”, bangunan konbini rata-rata tidak lah terlalu besar dan kebayakan juga ada larangan merokok disekitarnya.

Jika kalian berkunjung ke Jepang, berikut beberapa hal yang bisa kalian beli dan lakukan di konbini Jepang:

• Membeli Onigiri dan makanan ringan khas Jepang lainnya.
• Cobalah membeli berbagai macam kopi kaleng Jepang yang ditawarkan
• Membeli tiket untuk pertandingan olahraga (JLeague, NPB, dll)
• Membeli tiket konser (Rock in Japan, Summer Sonic, Punk Spring, dll)
• Membeli tiket museum (Fujiko F. Fujio, Ghibli, dll)
• Membeli makanan pagi, siang, malam dalam kondisi yang masih segar
• Membeli air mineral, bir, ataupun sake
• Mengambil uang dari ATM (selalu berguna dalam keadaan darurat)
• Print, scan, fax dan mengirim surat (Siapa sangka?)
• Membayar untuk pesanan pembelian online (Barang yang dipesan juga bisa diantarkan ke konbini)
• Membeli rokok dan korek gas

Konbini di Jepang memang layaknya kantong Doraemon dan memberikan kenyamanan serta kemudahan. Kita bisa membeli onigiri, roti-roti, salad, makanan siap saji (seperti yakisoba dan oden) dan minuman (panas dan dingin) seharga 150 yen serta bento untuk makan siang sekitar 500 yen.

Sebagian besar toko-toko ini juga meyediakan microwave untuk memanaskan makanan tanpa biaya tambahan. Jika kalian berencana untuk ke Jepang, pastikan konbini menjadi teman setia kalian yang menemani perjalan di negeri Sakura.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1808 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.