Kōban: Garda Depan dalam Pengamanan Negeri Sakura




Koban di Jepang adalah tempat yang ramah bagi para masyarakat

Kōban adalah pos polisi yang dapat anda temui di berbagai titik di Jepang. Pos polisi kecil ini dioperasikan oleh para penegak hukum yang dirotasi dari kantor pusat ke berbagai lokasi yang dianggap rawan kejahatan, termasuk stasiun, taman, dan area publik lainnya.

Mereka bertugas untuk menjaga keamanan publik pada tingkat masyarakat dengan menjadi penghubung antara polisi dengan masyarakat lokal. Mereka menyediasakan jasa penting seperti membuat masyarakat sadar akan isu potensial keamanan, menerima barang yang hilang, dan mencatat kecelakaan kecil.

Kebanyakan orang di Jepang merasa aman ketika melihat para polisi yang berdiri di depan Kōban, selain itu keberadaan mereka juga dianggap mencegah kejahatan.

Pos polisi tersebut tak hanya menjaga kedamaian namun juga membantu para pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengemudi kendaraan bermotor untuk menemukan rute tujuan.

Kōban biasanya memiliki sebuah peta besar dan rinci yang memperlihatkan lokasi sekitar. Oleh karena itu, banyak sekali yang memanfaatkan pengetahuan geografis dari para petugas polisi tersebut.

SONY DSC

Kōban yang terletak di daerah perkotaan biasanya siap sedia melayani selama 24 jam. Polisi melakukan patroli dengan berjalan kaki, mengendarai sepeda, motor skuter, atau mobil.

Patroli dilakukan untuk mengawasi apabila terjadi kecelakaan atau aktivitas kriminal. Mengumpulkan informasi dan mendengarkan perhatian dari masyarakat sekitar merupakan tugas penting dari omawarisan, sebuah terminologi yang digunakan untuk menjuluki para polisi tanpa seragam.

Pos polisi juga memainkan peranan penting untuk menjaga masyarakat yang sudah lanjut usia. Beberapa tugas yang dilakukan adalah memberikan saran untuk menanggapi penipuan telepon, sebuah tindakan kriminal yang kerap menargetkan para manula.

Selain itu, para polisi juga sering sekali membantu pencarian manula yang sudah pikun dan hilang, permasalahan utama para manula di Jepang.

Kōban yang relatif lebih kecil terkadang tidak dijaga oleh petugas. Pada situasi tersebut, terdapat telepon yang dapat digunakan masyarakat untuk menghubungi para petugas jika terdapat kasus darurat.

Terdapat pula beberapa pos polisi di Tokyo yang dilengkapi dengan panel informasi touchscreen sehingga masyarakat dapat melihat map wilayah sekitar dan juga mencari informasi penting lainnya.

Sejumlah departemen penegak hukum mengerahkan mobile Kōban untuk wilayah yang minim pos polisi. Sebuah van atau mikrobus dioperasikan di wilayah tersebut untuk meningkatkan komunikasi antara polisi dengan masyarakat lokal dengan patroli di wilayah sekitar sekaligus bertugas menjadi pos polisi temporer ketika sedang parkir.

jg00057_ph03-680x453

Jika tidak terdapat Kōban di wilayah sekitar, masyarakat dapat menghubungi polisi dengan mudah melalui saluran telpon 110, baik melalui telepon publik atau pribadi.

Namun apabila ingin menghubungi polisi hanya untuk mendiskusikan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait keamanan wilayah sekitar, maka masyarakat dianjurkan menelpon 9110.

Sejak periode tahun 1980-an, Japan International Cooperation Agency dan Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo bekerjasama untuk memperkenalkan sistem Kōban di negara-negara Asia dan Amerika Selatan.

Singapura menjadi negara pertama yang menerapkan sistem tersebut pada tahun 1983 dengan mengadopsinya sesuai dengan budaya penegakan hukum di negaranya dan menggunakan nama Koban Way.

Sejak tahun 1997, Singapura juga telah bekerjasama dengan Jepang dalam menyediakan pelatihan untuk negara lainnya yang mencoba menerapkan struktur Kōban di negaranya.

Brazil, tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Musim Panas 2016, telah mengadopsi sistem pos polisi untuk meningkatkan keamanan publik di distrik yang kerap menjadi target kejahatan berat.

Melalui bantuan dari JICA dan para ahli penegak hukum, program Kōban di Brazil telah dikembangkan ke tingkatan dimana Brazil sekarang telah mampu bekerjasama untuk membantu negara Amerika Latin lainnya.

Kōban terus mencuri perhatian dunia, salah satunya dengan munculnya pos polisi di Manhattan dan Waikiki serta beberapa negara lainnya, seperti Korea Selatan, Taiwan, dan Indonesia. Sementara itu, Tiongkok baru-baru ini memperkenalkan Kōban dengan sistemnya sendiri.

Di Jepang, keterjangkauan Kōban berhasil menjadi garda depan dalam menjaga keamanan masyarakat.

Sumber dan Foto: Nippon

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.