Kenapa Kit Kat Bisa Menjadi ‘Legenda’ di Jepang?




Jepang memiliki berbagai macam varian rasa Kit Kat

“Ada break, ada Kit Kat”

Sebuah jargon iklan dari produk coklat buatan Nestle di Indonesia yang akan langsung nempel di ingatan saat kita pertama kali mendengarnya. Meski jargon iklan itu terdengar sangat catchy, namun Kit Kat di Tanah Air sendiri tidak lah begitu hits jika dibandingkan dengan di Jepang.

Sejak masuk ke Negeri Sakura ditahun 1973, penjualan Kit Kat disana hingga sekarang menjadi yang terbesar kedua setelah di Inggris, yang adalah tempat kelahiran coklat ini. Coklat ini sekarang seperti menjadi ‘legenda’ di industri makanan Jepang.

Kit Kat menjadi salah satu suvenir wajib yang harus dibeli untuk para kerabat saat kita pergi ke Jepang. Akan tidak lengkap perjalan Anda disana tanpa membawa pulang coklat ini sebagai buah tangan.

Baca Juga
Rasa Kit Kat Lain Yang Harus Kalian Coba
Kit Kat Siap Sambut Tahun Monyet Dengan Rilisan Spesial
Nestle Akan Hadirkan Kit Kat Emas!

Apa yang membuatnya sangat populer di Jepang?

Bagi orang Jepang yang mempercayai mitos, bunyi pengucapan Kit Kat terdengar mirip “Kitto Katsu” yang artinya “pasti menang.” Oleh karena itu, coklat ini dijadikan semacam jimat keberuntungan untuk para siswa yang akan menempuh ujian. Itu juga salah satu alasan mengapa toko-toko coklat sangat ramai dikunjungi pada saat musim ujian dari bulan Januari sampai Maret di Jepang.

Sedangkan dari segi marketing, banyak yang menilai kesuksesannya karena mereka mampu menyesuaikan permintaan pasar di Negara Matahari Terbit. Orang Jepang sangat senang membeli omiyage ketika berpergian, hal ini dimanfaatkan Nestle untuk memproduksi dengan rasa yang berbeda disetiap daerah yang disesuaikan dengan karakter tiap daerah masing-masing.

Hal ini dilakukan dengan harapan Kit Kat dijadikan omiyage khas daerah yang akan dibeli ketika orang Jepang bepergian ke wilayah-wilayah lain. Varian di setiap daerah di Jepang bisanya juga menggabungkan rasa makanan khas dari daerah tersebut, seperti rasa Amao yang merupakan variasi rasa dari buah sejenis strawberry yang banyak tumbuh di Okinawa.

Jadilah coklat ini menjadi suvenir seperti kaos yang bertuliskan “I Love Tokyo (atau nama daerah lain) yang pasti masuk dalam daftar utama barang yang harus dibeli saat berpergian.

Selain itu, Kit Kat juga membuat banyak rasa edisi spesial berdasarkan musim atau momen yang sedang berlangsung. Seperti kita ketahui, ketika sebuah brand terkenal mengeluarkan produk dengan iming-iming “limited edition” maka akan menjadi barang yang diburu.

“Only happen in Japan.” Alasan terakhir mungkin adalah karena karakter orang Jepang suka dengan sesuatu yang beda dan aneh. Dengan rasa spesial dan aneh, membuat Kit Kat menjadi raja di dunia industri coklat Jepang.

Singkatnya, semakin aneh benda atau hal tersebut maka akan semakin tenar di Jepang!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.