Fenomena Wanita Jepang Gemar Memakai Masker




Ketika nanti kalian ke Jepang, jangan heran akan melihat banyak penduduknya yang memakai masker, terutama kaum wanita.

Menurut catatan sejarah, kebiasan ini dimulai saat jaman Taisho atau diawal abad ke-20 dan semakin popoler saat mereka memakainya untuk menghindari virus influenza Spanyol yang berbahaya ditahun 1918-1919.

Di dalam kereta, di dalam mall, saat berjalan dipingir jalan atau bahkan saat di rumah makan, masih banyak orang Jepang yang memakainya. Suatu pemandangan yang unik dan berbeda dengan di Indonesia.

Sedang flu atau sakit mungkin jadi alasan utama mereka memakainya, tetapi masih banyak juga yang tetap memakai masker meski tidak dalam keadaan sakit.

Baca Juga
Apakah Wanita Jepang Lebih Memilih Pria ‘Ganteng tapi Membosankan‘ Atau ‘Jelek tapi Menyenangkan?’
Hampir 40% Anak Muda di Jepang Tidak Ingin Punya Pacar
Tak Perlu Takut Tersesat, Hyperdia adalah Jawabannya
Mengapa Wanita Jepang Lebih Suka Menjalin Hubungan Dengan Pria Asing?

Masker ini bisa di dapatkan disemua konbini ataupun toko-toko kecil lainnya di pinggir jalan dengan harga sekitar 300 hingga 600 Yen  untuk satu pack, tergantung dari bentuknya.

Karena rasa penasaran ini, tim kami yang berada di Negeri Sakura,  sempat menanyakan ke beberapa teman yang orang Jepang tentang fenomena ini.

Menurut mereka tetap banyak orang Jepang yang memakainya meski dalam keadaan sehat, ya terutama kaum wanita.

Dan berikut kesimpulan dari beberapa kawan saya tentang mengapa para orang Jepang gemar memakai masker.

1. Pemalu

Seperti kita ketahui jika orang Jepang memang terkenal pemalu dan banyak yang memiliki sifat pemalu akan berpergian memakai masker. Alasannya? Agar tidak dikenali oleh orang-orang. Aneh bukan?

2. Fashion

Selain yang berbentuk biasa, di Jepang kita bisa menemukan banyak jenis penutup ini dengan bentuk yang berbeda dari di negara lain dan bahkan ada masker yang bergambar beberapa karakter anime atau Disney. Selain pemalu, orang Jepang memang sangat suka dengan fashion.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2235 Articles

Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.