Kenapa Orang Jepang Sangat Tertib Ketika Mengantri?




Orang Jepang akan selalu tertib dalam setiap antrian

Salah satu hal yang paling saya suka dengan kehidupan di Jepang adalah penduduknya yang sangat disiplin dan tertib ketika mengantri. Hal ini sudah menjadi budaya di Jepang. Di dalam antrian yang sangat panjang sekalipun, tidak ada, atau sangat jarang ditemukan ada yang menerobos antrian.

Bukan bermaksut untuk membandingkan, namun tentu kalian juga sudah tahu bagaimana sistem antrian di Indonesia. Semua orang ingin berada di antrian terdepan tanpa memperdulikan orang disekitarnya.

Baca Juga
Mobil Untuk ‘Orang Kampung’, Penduduk Tokyo Tidak Butuh Mobil
Kenapa Banyak Orang Jepang Yang Tidak Bisa Bahasa Inggris?
Kriminalitas yang Umum Terjadi di Jepang
Tidak Banyak Kasus yang Terjadi, Pengacara di Jepang Banyak yang Menganggur

Apa yang membuat orang Jepang bisa sangat tertib ketika mengantri?

Sikap disipilin sudah diajarkan sejak dini di Jepang. Di Sekolah Dasar, siswa di Jepang tidak akan menerima ujian hingga mereka kelas 4. Di tiga tingkat pertama, mereka akan diajarkan tentang pendidikan moral. Mereka akan dididik untuk menjadi pribadi jujur dan disiplin.

Budaya antri di Jepang sudah mengakar dalam kehidupan sehari-hari
Budaya antri di Jepang sudah mengakar dalam kehidupan sehari-hari

Antrian adalah salah satu nilai yang ditanamkan di Sekolah Dasar. Menurut pengajar di Jepang, dari antrian akan dapat banyak pelajaran yang didapat yang nantinya akan mempengaruhi ke nilai-nilai positif lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika ingin berada dalam antrian terdepan. Mereka harus bangun lebih awal, dan berangkat lebih cepat. Hal ini juga jadi salah satu alasan kenapa orang Jepang tepat waktu.

Saat berada di dalam antrian, pelajaran yang didapat adalah untuk sabar. Menunggu memang salah satu hal yang paling tidak enak, namun mereka sudah dibiasakan untuk bersabar. Orang Jepang biasanya akan membaca ketika mengantri.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.