Kenapa Begitu Banyak Terdapat Vending Machine di Jepang?




Selain dikenal sebagai Negeri Sakura, Jepang juga terkenal sebagai Negeri 1000 vending machine

Bagi yang pernah mengunjungi Jepang, rasanya akan setuju jika selain disebut sebagai Negeri Sakura, negara tersebut cocok dilabeli sebagai Negari 1000 vending machine atau mesin penjual otomatis.

Vending machine memang akan sangat mudah ditemui di Jepang. Mulai dari di pinggir jalan protokol utama, daerah perumahan, depan toko, hingga di depan gedung komersial . Singkatnya, kita akan lebih mudah menemui vending machine daripada sepeda motor di Jepang.

Baca Juga
Vending Machine yang tak Lazim di Jepang
Jepang, Negeri 1000 Vending Machine!
Kultur Orang Jepang yang Membuat Negara Mereka Maju dan Berkembang
Izakaya, Bar Tradisional Tempat Orang Jepang Melepas Lelah

Kultur orang Jepang yang selalu ingin tepat waktu bisa menjadi alasan kenapa mesin ini begitu banyak di sana. Menurut Asosiasi Produsen Mesin Swalayan Jepang, diperkirakan ada 1 mesin otomatis untuk setiap 23 orang di Jepang dan penjualan tahunan sekitar $ 60 miliar.

Untuk menjawab rasa penasaran kenapa begitu banyak vending machine di Jepang, pakar Ekonom dan sosiolog mencoba mejabawanya. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Biaya Tenaga Kerja

Menurut seorang Profesor Ekonomi dari University of Connecticut salah satu alasannya adalah tingkat kelahiran di Jepang semakin menyusut. Selain itu populasi penduduk lanjut usia semakin bertambah telah menyebabkan tenaga kerja mahal dan sulit didapat.

Karena alasan inilah Jepang menggunakan vending machine sebagai solusi untuk mengurangi kebutuhan karyawan seperti kasir.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2215 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.