Mengenal Lima Mainan Tradisional Jepang




Jepang memiliki beberapa permainan tradisional yang sampai saat ini masih dimainkan tidak hanya oleh orang Jepang sendiri, tetapi juga orang asing

Jika membicarakan tentang mainan yang berasal dari Jepang, apakah yang muncul didalam benak kalian? Mungkin hal-hal seperti nendroid, figma, gunpla ataupun mainan yang berasal dari serial tokusatsu langsung terbesit dipikiran.

Tetapi, apakah kalian mengetahui tentang mainan tradisional asal Negeri Sakura? Mungkin bagi sebagian orang, mainan yang berasal dari Jepang sempat mereka ketahui tanpa tersadar ketika sedang menonton kartun saat mereka masih kecil.

Sama seperti Indonesia yang kaya akan keragaman budaya, Jepang pun memiliki banyak mainan-mainan tradisional yang hingga saat ini masih digemari oleh sebagian orang. Apa sajakah itu? Yuk kita kenali lima mainan tradisional asal Negeri Sakura.

Baca Juga
Karuta, Permainan Kartu Tradisional Jepang yang Unik dan Menyenangkan
Fenomena Wanita Jepang Gemar Memakai Masker
Torii, Gerbang Pembatas Antara Manusia dengan Dewa
Pengalaman Berkunjung ke Jepang: “Tidak Akan Pernah Puas!”

1. Kendama

m00109_ph01-680x454

Kendama merupakan sebuah permainan dimana sebuah bola diikat oleh tali kepada gagang yang memiliki dua sisi cekung yang memiliki ukuran berbeda serta satu bagian yang runcing. Cara bermainnya adalah dengan memukulkan bola menggunakan kedua sisi cekung dan bagian bawah gagang dan nantinya menusukkan bola yang sudah diberi lubang dengan bagian runcing pada gagang. Bagi yang sudah handal memainkan kendama, mereka memiliki trik-trik unik yang mampu memukau setiap orang yang melihatnya.

2. Karuta

800px-Karuta_waka

Karuta merupakan sebuah permainan kartu yang didalamnya terdapat petunjuk dan jawaban pada masing-masing kartu. Permainan yang saat ini dikenal dengan sebutan hanafuda ini memiliki satu set kartu yang berisikan yomifuda (kartu untuk dibaca / petunjuk) dan torifuda (kartu untuk diambil / jawaban).

Cara bermainnya adalah ketika yomifuda dibacakan, dua atau lebih pemain harus secepat-cepatnya menepuk kartu torifuda yang dianggap sebagai jawaban benar, sebelum akhirnya kartu tersebut diambil. Pemain yang mengumpulkan kartu torifuda terbanyak, dialah yang menang. Karuta pun memiliki model khusus untuk anak-anak yang berisikan huruf hiragana agar mereka bisa bermain sambil mengenal huruf-huruf tersebut.

3. Kokeshi

m00109_ph03-680x451

Kokeshi merupakan boneka kayu yang berasal dari wilayah Utara Jepang, yaitu Tohoku. Boneka ini memiliki bentuk yang sederhana, yaitu badan yang ramping serta kepala berwajah perempuan. Pada bagian badan, dilukiskan gambar-gambar bertemakan bunga dan tidak banyak warna yang dipakai untuk melukis boneka kayu ini. Biasanya hanya warna merah, hitam, hijau dan terkadang warna kuning. Boneka ini juga menjadi inspirasi Nintendo untuk model avatar pada game mobile mereka, Miitomo.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Gamba Osaka | Pokemon Master | GIANT KILLING |