Keindahan Seni Jepang yang Terdapat Pada Penutup Got di Jepang




Manhole atau penututup gorong-gorong di Jepang memiliki seni keindahan tersendiri yang sangat menarik

Selama ini Jepang dikenal sebagai negara yang mempunyai cita rasa tinggi terhadap seni. Lihat saja contohnya seperti seni melipat kertas, seni melukis sawah, atau seni menghias bento (bekal makanan). Tapi apakah kalian tahu bahwa di Jepang juga ada seni menghias penutup gorong-gorong?

Mungkin sesuatu yang terlintas dipikiran kalian ketika mendengar kata gorong-gorong atau got pasti kurang sedap, tapi tidak untuk Jepang. Jepang mempunyai caranya sendiri untuk memperindah gorong-gorongnya dengan memberikan sentuhan seni di bagian penutupnya.

Baca Juga
Cara Jepang Dalam Mengurangi Jumlah Perokok di Negaranya
5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Yokohama
Mengapa Kota Besar di Jepang Tetap Bersih?
Merasakan Atmosfir Final Piala Dunia 2002 Dengan Mengikuti Nissan Stadium Tours

Penutup gorong-gorong (マンホール蓋 – manhōru futa) di Jepang mempunyai berbagai gambar/simbol. Menurut Japan Society of Manhole Covers (Asosiasi Penutup Gorong-gorong Jepang), ada sekitar 6000 macam gambar dan simbol pada penutup gorong-gorong yang tersebar di seluruh penjuru Jepang.

Manhole di Osaka dengan latar Osaka Castle

Biasanya gambar dan simbol yang digunakan pada penutup gorong-gorong mempunyai motif dan arti yang identik dengan kota yang bersangkutan. Sebagai contohnya penutup gorong-gorong di Osaka bergambar Osaka Castle, penutup gorong-gorong di Shirakawa-go berbentuk rumah khas di sana, dan lain sebagainya.

Gambar yang paling sering digunakan di seluruh penjuru Jepang untuk menghias penutup gorong-gorong adalah pohon, kemudian diikuti pemandangan dan bunga. Tak hanya itu, terkadang klub-klub baseball lokal juga memiliki penutup gorong-gorong tersendiri karena memang baseball hingga sekarang masih menjadi olahraga paling populer di Jepang.

Manhole klub baseball Softbank Hawks di Hakata, Fukuoka

Selain demi keindahan mata, ternyata penutup gorong-gorong di Jepang juga didesain sedemikian rupa supaya tidak licin saat hujan. Hal ini akan membantu kendaraan beroda dua seperti sepeda motor dan sepeda tetap aman melintas penutup gorong-gorong saat hujan turun.

Jika kalian akan berkunjung ke Jepang, cobalah untuk mencari dan menemukan penutup gorong-gorong yang unik ini. Pasti akan sangat mengasyikkan dan bisa menjadi spot yang sangat instagramable saat trip ke Negeri Sakura.

Berikut beberapa manhole di Jepang yang berhasil kami abadikan dalam perjalanan di Negeri Sakura:

Manhole klub baseball Hiroshima Carps
Manhole di Kyoto
Manhole di Kobe
Manhole di Nara
Manhole di Nara
Manhole di Hakata
Manhole di Hakata
Manhole di Matsumoto
Manhole di Matsumoto
Manhole di Kanazawa
Manhole di Kanazawa
Manhole di Takayama
Manhole di Takayama
Manhole di Shirakawa-go
Manhole di Shirakawa-go
Manhole di Yokohama
Manhole di Yokohama

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1808 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.