Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Jepang?




Harajuku, salah satu distrik paling populer di Tokyo

Jepang terkenal dengan biaya hidup yang mahal, mulai dari harga makanan sampai ke tempat tinggal.

Hal tersebut membuat kebanyakan turis khawatir untuk mengunjungi Jepang, karena mereka takut biayanya akan terlalu mahal.

Tetapi, itu tidak akan terjadi bila kita mengetahui kapan waktu yang tepatdan bagaimana mencari paket perjalanan yang murahuntuk mengunjungi Jepang ketika budget yang kita miliki pas-pasan.

Berikut ini akan kami berikan jawaban atas pertanyaan kalian.

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang ?

Jika ditanya “kapan waktu yang tepat” maka jawabannya adalah pada akhir Mei, akhir September dan juga awal Desember.

Beberapa waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari rencana perjalanan yang murah.

Karena tidak hanya perjalanan di dalam Jepang, tetapi perjalanan dari luar negeri ke Jepang sepertinya akan lebih murah dibandingkan waktu-waktu lainnya.

Jangan pernah berharap mendapatkan tiket murah ketika Golden Week, Obon (pertengahan Agustus) dan tentunya ketika Natal dan Tahun Baru di Jepang, karena waktu-waktu tersebut justru harga tiket pesawat akan menjadi mahal.

Keindahan warna daun bisa dilihat saat musim gugur mulai dari September
Keindahan warna daun bisa dilihat saat musim gugur mulai dari September

Pengawas penerbangan online juga akan menawarkan perjalanan murah pada bulan Juni-Juli dan awal September.

Murah, hanya saja kalian tetap harus beradaptasi dengan kondisi cuaca karena pada bulan Juni hingga Juli merupakan musim panas di Jepang.

Sementara awal dan akhir September sudah mulai musim gugur yang mungkin bisa mengganggu liburan kalian karena dilanda hujan atau angin kencang.

Bagaimana cara jalan-jalan di Jepang ?

Ada beberapa hal bagus yang tersedia, sebagian eksklusif untuk orang asing. Salah satunya seperti naik kereta Shinkansen.

Biaya untuk menaiki kereta super cepat ini terbilang cukup mahal meskipun keuntungan untuk kita yaitu bisa sampai tujuan lebih cepat ketimbang naik kereta biasa.

Tapi tenang, dengan JR Pass kalian bisa menaiki kereta super cepat ini kapanpun kalian mau dengan pembelian paket unlimited.

Yang pertama paket 7 hari bisa kalian dapatkan dengan membayar 29,110 yen. Kemudian ada paket untuk 14 hari seharga 46,390 yen dan paket untuk 21 hari seharga 59,350 yen.

Biaya paket 7 hari ini sama seperti satu kali perjalanan antara Osaka menuju Tokyo, jadi cukup menguntungkan untuk para turis. Satu hal yang harus kalian catat, kalian harus membeli JR Pass ini sebelum kalian tiba di Jepang.

japan_rail_pass
JR Pass akan sangat membantu mengirit biaya jika ingin keliling Jepang

Karena jika kalian membeli ketika sudah sampai Jepang, kalian akan dikenakan biaya normal.

JR Pass tidak hanya bisa digunakan untuk kereta Shinkansen saja, tetapi juga beberapa JR Travel lain seperti kereta lokal, bis, maupun kapal ferry di wilayah Hiroshima.

Sementara untuk transportasi lain yang tidak termasuk JR Travel tidak bisa menggunakan JR Pass.

Tetapi bila kalian menganggap harga paket JR Pass terlalu mahal maka ada pilihan lain, yaitu dengan menggunakan bis.

Memang dengan naik bis kita bisa sangat menghemat, misalnya kita hanya membutuhkan biaya sekitar 4,500 yen untuk sekali perjalanan dari Osaka menuju Tokyo.

Tetapi tentu dengan naik bis akan memakan waktu yang cukup lama, jika naik kereta Shinkansen kita hanya butuh waktu sekitar 3 jam, dengan naik bis kita membutuhkan waktu kurang lebih 10 jam.

Dan, kalian tidak perlu khawatir karena jasa Willer Express menyediakan paket Japan Bus Pass yang bisa kalian nikmati (tetapi tidak semua rute tersedia).

Ada 2 paket yang cukup murah, yaitu paket 3 hari Japan Bus Pass seharga 10,000 yen dan paket 5 hari Japan Bus Pass seharga 15,000 yen.

Apakah akomodasi di Jepang mahal ?

Mungkin mahal, tapi biaya yang diperlukan tidak terlalu tinggi. Jika kalian tidak ingin menginap di hotel yang semalam dikenakan biaya sebesar 5,000 yen.

Maka kalian bisa memilih untuk menginap di hostel, karena biayanya lebih murah ketimbang di hotel yaitu sekitar 1,500 hingga 2,500 yen saja semalam.

Selain itu, kalian pun bisa menginap di penginapan ala Jepang yang biayanya sama seperti biaya menginap di hotel yang paling murah.

Jika kalian tidak membutuhkan ruangan yang besar, maka kalian bisa memilih hotel kelas bisnis atau bahkan kalian bisa mencoba hotel kapsul.

Di Tokyo saja, hotel jenis ini hanya dikenakan biaya sekitar 2,000 yen untuk menginap semalam. Untuk layanan wifi gratis biasanya tersedia di hotel yang kalian singgahi dan di banyak lokasi lainnya.

Kalian juga bisa berhemat ketika makan di Jepang karena banyak makanan cepat saji yang murah, sushi bar dan juga toko ramen (bagi kalian yang Muslim, harus berhati-hati karena mayoritas ramen menggunakan kandungan babi didalamnya).

9-hours-capsule-hotel-07
Hotel kapsul di Jepang

Selain itu cari toko yang menyediakan makanan seharga 100 yen disekitar hotel juga bisa menjadi opsi lain untuk menghemat biaya makan.

Tentu, Jepang telah menawarkan banyak hal yang mampu menarik turis dari luar negeri untuk datang. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan.

Selain yang sudah disebutkan, kalian pun bisa cari-cari sendiri informasi dari kerabat terdekat ataupun orang lain yang pernah ke Jepang dengan biaya yang murah dan mau membagikan pengalaman mereka, selamat mencoba!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.