Kanji dan Sake Dijadikan Magnet Menarik Wisatawan Asing Berkunjung ke Kota Ini




Tokyo, Kyoto, dan Osaka adalah pilar destinasi wisata utama di Jepang. Ketiga kota tersebut memang memiliki daya tarik yang besar bagi para wisatawan asing.

Menyadari hal ini, sebuah kota kecil bernama Kitakata yang terletak di Fukushima punya cara lain untuk mempromosikan kota mereka. Penduduknya menjadikan huruf Kanji dan Sake sebagai magnet untuk menarik wisatawan. Mereka mengajak para pelancong untuk mempelajari huruf Kanji sambil mengunjungi pabrik pembuatan Sake.

Komunitas lokal bernama ‘Kitakata wo Kanji no Machi ni suru Kai’, menjadi pengagas yang menawarkan wisata edukasi di Kitakata. Mereka menggunakan piktogram (gambar huruf) kanji berusia 3.000 tahun, yang ditempatkan di beberapa pabrik pembuatan Sake.

Harapannya adalah wisatawan yang mengunjungi Kitakata bisa mengikuti ‘kursus berjalan’ yang mereka tawarkan. Setiap mengunjungi satu pabrik pembuatan Sake, wisatawan bisa mempelajari huruf-huruf Kanji dari piktogram yang ada di pabrik itu. Huruf Kanji di masing-masing pabrik memiliki keterkaitan satu sama lain, yaitu menerangkan mengenai pembuatan Sake.

Wisatawan biasanya banyak yang berkunjung ke Kitakata pada musim semi. Mereka nantinya akan diberikan satu ochoko (cangkir silinder kecil) Sake, untuk merasakan enaknya Sake produksi Kitakata.

Menurut Pemerintah Kota Kitakata, rata-rata wisatawan hanya menghabiskan waktu empat jam di kota ini. Waktu kunjungan tersebut satu jam lebih pendek dibandingkan dengan kota-kota wisata lainnya.

Pemerintah berharap, promosi huruf Kanji dan Sake ini bisa membuat wisatawan betah berlama-lama di Kitakata. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan ramen lezatnya.

Pemahat huruf Kanji kuno, Masahiro Ueno mengatakan, Kitakata cocok dijadikan destinasi wisata jika wisatawan ingin mempelajari huruf Kanji. Wisatawan juga bisa membeli cindera mata pahatan huruf Kanji untuk dibawa pulang.

Jika kalian sebelumnya belum pernah mendengar nama Kitakata, kota kecil ini layak untuk masuk dalam daftar wisata kalian saat berkunjung ke Jepang.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.