Kanda Myojin, Kuil ‘Paling Geek’ di Jepang




Kuil Kanda Myojin terletak tidak jauh dari Akihabara

Di tengah kehidupan pop culture yang ada di sekitar Akihabara, terselip sebuah kuil tradisional yang menarik untuk disinggahi. Kuil Kanda Myojin terletak 650 meter dari Stasiun Ochanimizu di Chiyoda Line, hanya satu stasiun dari Stasiun Akihabara.

Baca Juga
Akihabara, Diantara Barang Elektronik dan Pop Culture
Kuil Meiji, Simbol Keabadian Kaisar Meiji di Tengah Jantung Kota Tokyo
Mengapa Wanita Jepang Lebih Suka Menjalin Hubungan Dengan Pria Asing?
Merekam Jejak Skandal yang Terjadi di Kalangan Idola Jepang

Kuil ini dibangun pada tahun 730 untuk dewa keberutungandan para ppejuang Taira no Masakado. Dua dewa yakni Ebisu atau dewa para nelayan dan pedagang dan Daikoku, dewa perdagangan dan komersial, diabadikan di sini. Ketika dua dewa ini berpasangan, keduanya dapat melipatgandakan keberuntungan.

Tak heran jika para pelaku bisnis dan kaum pekerja berbondong-bondong mendatangi kuil ini. Mereka berdoa kepada dewa keberuntungan agar bisnis yang mereka jalankan serta pekerjaan yang mereka geluti mendapatkan keuntungan dan berjalan lancar.

Mulai dari pebisnis hingga otaku rajin berdoa di Kanda Myojin

Ketika di era 80’an di mana Akihabara mengalami pergeseran menjadi pusat penjualan barang elektronik dan gadget, kuil ini juga mulai dibanjiri oleh para otaku yang menginginkan perlindungan untuk gadget mereka dan berharap agar komputer mereka terbebas dari virus. Kanda Myojin menjelma menjadi kuil paling geek di Jepang.

Nama Kanda Myojin dikalangan otaku semakin populer ketika kuil ini muncul dalam anime Love Live!. Kuil ini kemudian menjual ema bergambar dari Nozomi Toji yang di dalam anime diceritakan bekerja sebagai miko atau gadis kuil di Kanda Myojin. Dan, tentu saja laku keras diburu para penggemar Love Live!

Ema dengan tema Love Live! yang banyak ditemui di Kanda Myojin

Setelah itu kerjasama antara Kanda Myojin dan Love Live! terus berjalan hingga ke acara Kanda Matsuri yang merupakan salah satu festival terbesar yang ada di Jepang. Proyek yang semakin menancapkan kesan jika kuil ini menjadi rumah ibadah bagi para geek di Jepang.

Kanda Myojin memiliki sejarah panjang dan beberapa kali mengalami kehancuran saat era peperangan Jepang dan juga ketika Perang Dunia II.  Untuk arsitektur dari kuil ini sendiri memadukan gaya tradisional Jepang dengan atap bercorak khas Asia Timur atau yang dikenal dengan “irimoya”.

Merchendise Kanda x LoveLive! yang dijual pada acara Kanda Matsuri 2015

Jika kalian memiliki rencana untuk mendatangi Akihabara saat mengujungi Tokyo, sempatkanlah untuk menikmati keindahan kuil dengan suasana yang berbeda dari kuil lainnya di Jepang. Untuk masuk ke Kanda Myojin pun tidak dikenakan biaya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.