Kanazawa, Kota Samurai yang Menjadi Primadona Baru Pariwisata Jepang




Selain dikenal sebagai kota samurai, Kanazawa juga masih rutin menggelar pertunjukan geisha

Berbicara pariwisata Jepang, sudah tentu yang pertama terlintas tentu saja Tokyo dan Kyoto. Dua kota ini adalah destinasi wisata utama di Negeri Sakura.

Selain Tokyo dan Kyoto, Hokkaido dan Osaka juga berada di garda depan pariwisata Jepang. Mereka yang ingin merasakan wisata alam, akan pergi ke Hokkaido, sementara Osaka adalah surga untuk para pecinta kuliner.

Namun diluar dugaan, sepanjang tahun 2016, ternyata bukan Tokyo atau Kyoto yang mengalami peningkatan kunjungan turis asing melainkan Kanazawa! Bahkan CNN Travel memasukan kota ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di tahun 2017.

 

Suasana tempo dulu masih sangat terasa di Kanazawa

Kanazawa, sebuah kota di Jepang yang terletak di bagian barat Prefektur Ishikawa kini menjadi primadona baru untuk urusan wisata dikalangan turis mancanegara dengan mengalami peningkatan wisatawan sebesar 65% di tahun 2016.

Mungkin nama kota ini masih asing dikalangan banyak orang, namun sejatinya Kanazawa sejak dulu sudah menjadi salah satu kota penting di Jepang.

Selama Periode Edo, Kanazawa adalah markas dari Klan Maeda yang menjadi klan terkuat nomor dua setelah Klan Tokugawa. Kanazawa juga mampu menyaingi Kyoto dan Edo (Tokyo). Di zaman modern, sama seperti Kyoto, Kanazawa juga masih menyajikan banyak wisata tradisional yang memperlihatkan keindahan Jepang tempo dulu.

Apa saja yang menarik dari Kanazawa sehingga mampu menjadi primadona baru pariwisata Jepang?

Nagamachi

Rumah samurai yang masih tetap terjaga di Kanazawa

Nagamachi dikenal juga sebagai distrik samurai. Suasana Kanazawa tempo dulu masih sangat kental di distrik ini. Rumah-rumah tua yang berjajar di pinggir jalan dahulu kala dimiliki oleh samurai klan Kaga.

Rumah dengan gerbang dan lumpur masih tetap terjaga. Jendela samurai, dinding lumpur di bawah atap kayu Lobaita berwarna kuning dan dibalut dengan tikar jerami “Komo” yang melindungi dinding lumpur dari salju. Semuanya masih sama dengan kondisi 400 tahun silam.

Di Nagamachi para pelancong bisa mengunjungi Ashigaru Shiryokan, yang merupakan rumah milik seorang tentara di klan Kaga. Kediaman keluarga samurai Nomura juga terbuka untuk umum sehingga pengunjung bisa merasakan nuansa seperti apakah kehidupan sehari-hari samurai pada zaman feodal.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.