Kaleidoskop Jepang 2016: 10 Momen yang Paling Banyak Menyita Perhatian




Banyak momen besar yang terjadi di Jepang sepanjang tahun 2016

Tahun 2016 tinggal menghitung hari. Banyak hal menarik sepanjang tahun ini di Jepang. Mulai dari dunia politik, hingga dunia hiburan semuanya memiliki ceritanya sendiri.

Tim redaksi The Daily Japan mencoba untuk menghadirkan kaleidoskop Negeri Sakura di tahun 2016. Kami memilih 10 momen di Jepang yang paling banyak menyita perhatian. Simak daftarnya di bawah ini:

Skandal Enon dan Becky

Tahun 2016 dibuka dengan skandal Enon dan Becky

Dunia hiburan Jepang sudah digemparkan sejak awal tahun 2016. Berawal ketika Shukan Bunshun membeberkan hubungan rahasia antara vokalis band Gesu no Kiwami Otome, Enon dengan Becky.

Shunkan Bunshun melaporkan jika ‘sepasang kekasih’ itu menghabiskan akhir tahun bersama di Nagasaki. Bahkan percakapan mereka di aplikasi LINE juga dibongkar habis oleh Shunkan Bunshun.

Mengungkap skandal artis memang bukan hal baru bagi Shunkan Bunshun, namun skandal Enon dan Becky terbilang kontroversial karena status dari Enon yang sudah memiliki istri dan berakhir dengan efek yang luar biasa.

Usai berita skandal tersebut, Becky seakan menghilang dari peredaran. Tak lama berselang, Sun Music, selaku manajemen dari Becky akhirnya buka suara dan menyatakan artis keturunan Inggris tersebut akan hiatus dari dunia hiburan.

Banyak pihak yang menilai jika Becky lah yang paling mengalami kerugian dari terungkapnya kasus tersebut. The Guardian, salah satu media dari Inggris ikut menyoroti permasalahan ini.

Dalam salah satu artikel The Guardian, Justin McCurry mengungkapkan kritiknya terhadap perilaku masyarakat Jepang terhadap Becky yang memperlihatkan diskriminasi terhadap entertainer perempuan.

Gempa Kumamoto

Gempa yang terjadi di Kumamoto adalah yang terbesar di Jepang setelah gempa dan tsunami di Tohoku pada 2011

Jepang adalah salah satu negara yang terbilang sangat sering dilanda gempa bumi. Masih terngiang di dalam kepala akan gempa yang berujung tsunami di Tohoku pada 2011. Gempa terbesar dalam sejarah Jepang yang menewaskan ribuan orang.

14 April 2016, Jepang kembali dihantam gempa berkuatan besar. Gempa berkekuatan 6.4 SR mengguncang Prefektur Kumamoto dan menjadikannya sebagai gempa terbesar sejak tahun 2011 di Tohoku meski tidak ada indikasi tsunami.

Dua hari berselang, gempa terjadi di Kumamoto dengan kekuatan yang lebih besar, 7 SR. Dua gempa tersebut melumpuhkan kota Kumamoto, serta manghancurkan banyak bangunan, termasuk Kastil Kumamoto yang bersejarah.

Sedikitnya 41 orang tewas dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Hingga saat ini, masih banyak warga Kumamoto yang masih tinggal di pusat penampungan.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2215 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.