Kalahkan Vietnam, Jepang Pastikan Satu Tempat di Semi Final Piala Asia 2019




Ritsu Doan merayakan golnya ke gawang Vietnam | PHOTO: Kaoru Watanabe/Gekisaka

Babak perempat final Piala Asia 2019 yang mempertemukan Jepang dengan wakil dari Asia Tenggara, Vietnam telah berlangsung pada hari Kamis, 24 Januari 2019 di Stadion Al-Maktoum. Semenjak dimulainya babak pertama, kedua tim gencar melakukan jual beli serangan, tapi sayangnya hanya sedikit peluang yang dapat tercipta bagi kedua tim.

Samurai Biru sempat memimpin terlebih dahulu di menit ke-24 ketika Maya Yoshida sukses menyambut tendangan penjuru yang dilancarkan Gaku Shibasaki. Akan tetapi, Vietnam meminta wasit untuk melihat VAR dan hasilnya gol dianulir lantaran bola mengenai tangan Yoshida sebelum masuk ke gawang Vietnam. Kedudukan seri 0-0 pun tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, tim asuhan Hajime Moriyasu cukup memegang kendali permainan. Beberapa kali Ritsu Doan mencoba untuk menerobos barisan pertahanan Vietnam. Ia sempat dijatuhkan di kotak terlarang, namun wasit tidak menunjuk titik putih. Lebih dari satu menit berselang setelah kejadian tersebut, wasit akhirnya meminta waktu untuk me-review kejadian jatuhnya Ritsu Doan dan hasilnya Jepang mendapatkan hadiah pinalti.

Kesempatan tersebut dimaksimalkan dengan baik oleh Doan dan membawa Samurai Biru memimpin 0-1 atas wakil dari Asia Tenggara. Pertandingan pun semakin sengit, kedua tim saling menjual beli serangan dan beberapa kali peluang emas tercipta. Baik para pemain Jepang maupun para pemain Vietnam berulang kali melakukan kesalahan dan gagal memaksimalkan peluang hingga akhirnya wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Maya Yoshida dan kolega sukses melaju ke babak semi final Piala Asia 2019 dan mereka akan menghadapi Iran pada tanggal 28 Januari 2019 mendatang.

HIGHLIGHTS: Vietnam 0-1 Jepang

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.