Kalahkan Kolombia, Jepang Suskes Meraih Poin Penuh di Laga Pembuka Piala Dunia 2018




Yuya Osako merayakan gol penentu kemenangan Jepang | PHOTO: SoccerKingJP

Laga pembuka Piala Dunia 2018 grup H antara Jepang melawan Kolombia telah berlangsung pada jam 19:00 WIB. Samurai Blue yang 2 bulan sebelumnya memecat pelatih Vahid Halilhodzic secara mendadak diragukan akan tampil maksimal dibawah asuhan mantan pelatih Gamba Osaka, Akira Nishino.

Makoto Hasebe dan kawan-kawan sempat berhasil menjawab keraguan tersebut setelah mendapatkan hadiah pinalti usai pemain Kolombia, Carlos Sanchez mendapat kartu merah di menit ketiga karena menahan bola dengan tangannya di dalam kotak pinalti sendiri. Shinji Kagawa yang menjadi algojo sukses menjebol gawang yang dijaga oleh David Ospina, 0-1 Jepang memimpin.

Bermain dengan 10 pemain, Kolombia kerap kali mendapat gempuran serangan dari pasukan Samurai Biru meski tak jarang mereka juga melakukan beberapa kali percobaan serangan ke gawang yang dikawal Eiji Kawashima. Hasilnya di menit ke-39, Kolombia berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas dari Quintero yang sempat diprotes Kawashima karena dirinya menganggap bola belum melewati garis gawang.

Namun, dengan bantuan teknologi garis gawang, wasit mengesahkan gol Kolombia dan kedudukan seri 1-1 pun bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, tim asuhan Nishino langsung mengambil inisiatif menyerang dari menit awal. Osako dan Inui silih berganti melakukan serangan namun Ospina masih sigap menjaga gawangnya.

Jepang akhirnya memastikan poin penuh di menit ke-73, tendangan penjuru yang dilancarkan oleh Keisuke Honda mampu diterima dengan baik oleh Yuya Osako di depan gawang Kolombia. Tandukkan kerasnya mampu menjebol gawang Kolombia dan membawa Samurai Biru menang dengan skor tipis 1-2.

Hasil ini, selain menuntaskan dendam Makoto Hasebe dan kolega empat tahun lalu yang mana mereka dibantai Kolombia di fase grup ajang Piala Dunia dengan skor 4-1, juga menjadikan Jepang sebagai negara Asia pertama yang berhasil mengalahkan tim asal Amerika Selatan di kompetisi Piala Dunia. Selamat untuk Jepang!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN x NeonPunch