Kalah dari Polandia, Jepang Tetap Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018




Maya Yoshida tengah menghadang kapten Polandia, Robert Lewandowski | PHOTO: SoccerKingJP

Laga terakhir fase grup H antara Jepang melawan Polandia telah berlangsung pada Kamis malam (28/06) waktu Indonesia. Samurai Biru yang hanya membutuhkan hasil seri untuk mengamankan tiket menuju babak 16 besar Piala Dunia 2018 tampil cukup agresif di babak pertama. Beberapa kali serangan balik yang dilancarkan Shibasaki dan kolega cukup merepotkan barisan pertahanan Polandia.

Tim lawan pun bukannya peluang, tandukkan Grosicki di menit ke-32 nyaris membuahkan hasil andai saja Eiji Kawashima tidak mampu menghalau bola. Pemain Polandia sempat meminta wasit melihat ulang bola hasil sundulan Grosicki karena dianggap telah melewati garis. Namun, teknologi garis gawang menyatakan bahwa bola masih belum melewati garis gawang sepenuhnya sehingga tidak terjadi gol.

Sayangnya, tidak ada gol yang tercipta sampai turun minum. Memasuki babak kedua, masing-masing tim melakukan jual beli serangan, dan Polandia yang sudah dipastikan tidak akan lolos ke babak selanjutnya justru berhasil unggul terlebih dahulu di menit ke-59.

Mendapatkan tendangan bebas, Kurzawa melepaskan umpan silang ke dalam kotak pinalti Jepang. Bednarek yang menerima umpan tersebut melakukan tendangan first time yang mampu menghujam gawang yang dikawal Eiji Kawashima.

Tertinggal satu gol tidak serta merta membuat Jepang meningkatkan serangan, justru mereka beberapa kali harus menahan gempuran serangan yang dilancarkan oleh Lewandowski dan kolega. Sampai memasuki menit-menit akhir pertandingan, Jepang justru bermain aman karena dianggap telah mengetahui bahwa Kolombia sedang memimpin 0-1 atas Senegal.

Anak asuh Akira Nishino tetap melakukan umpan-umpan pendek sampai peluit panjang dibunyikan. Meski kalah 0-1 atas Polandia, Jepang tetap berhasil lolos ke babak 16 besar meski mereka memiliki poin, selisih gol, jumlah gol serta head to head yang sama dengan Senegal.

Sesuai peraturan FIFA, jika keempat faktor tersebut berimbang, maka akan dilihat dari poin fair play. Jepang berhasil unggul poin fair play karena jumlah kartu kuning yang di dapat selama fase grup lebih sedikit ketimbang Senegal. Oleh karena itu, tim asuhan Akira Nishino berhak mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup H dan akan menghadapi timnas Belgia pada hari Selasa (03/07) jam 01:00 WIB. Selamat untuk timnas Jepang dan seluruh pendukungnya!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN x NeonPunch