Kabukicho, Distrik yang Menjajakan Sisi Gelap Jepang




Kehidupan malam di Kabukicho menjadi salah satu daya tarik Shinjuku

Keindahan alam serta tempat-tempat tradisional di Jepang berhasil memanjakan mata serta pikiran orang yang pernah berkunjung kesana. Namun dibalik itu semua, tentu saja Jepang masih memiliki sisi gelap. Salah satu wilayah yang menyajikannya adalah Kabukicho yang terletak di Shinjuku.

Sejatinya, pemerintah Jepang awalnya ingin menjadikan tempat ini sebagai pusat pentas kesenian kabuki. Namun ternyata hasilnya melenceng jauh dari harapan dan justru menjadi ‘tempat remang-remang’. Kabukicho justru dikenal sebagai salah satu red-light district atau tempat pelacuran di Tokyo.

Baca Juga
Patung Hachiko: Dari Tempat Bersejarah Hingga Titik Temu Terbaik di Tokyo
Shinjuku, Jantung Sang Ibukota yang Tak Pernah Berhenti Berdetak
Shimokitazawa; Pusat Pakaian Independent dan Vintage di Tokyo
Hostess dan Ladies Escort Jadi Cita-cita Favorit Gadis Muda Jepang

Jika kalian pernah menonton film yang berjudul, Kabukicho Love Hotel sudah pasti memiliki gambarannya karena di dalam film memang menampilkan dunia gelap yang ada di Kabukicho.

Terdapat banyak Hostess club di Kabukicho yang menjadi hiburan malam paling gemerlap di Tokyo

Terdapat banyak sekali hostess club, love hotel, restoran, klab malam, tempat prostitusi, pachinko, serta tempat hiburan malam lainnya. Deretan tempat malam tersebut membuat Kabukicho seakan menjaga Shinjuku dari tidur. Bisnis gelap yang ada di Kabukicho dikelola oleh yakuza. Tercatat ada lebih dari 1000 anggota yakuza dari 120 perusahaan yang berbeda di sini.

Para pengunjung asing terlebih yang tidak bisa berbahasa Jepang harus berhati-hati ketika mendatangi tempat-tempat hiburan yang ada di Kabukicho karena para yakuza setempat tidak segan-segan untuk menipu hingga menculik pendatang wanita untuk dimintai uang tebusan.

Keadaan di dalam love hotel
Love hotel adalah salah satu bisnis paling besar di Jepang

Sedikit berbicara tentang hostess club, tempat ini menyediakan ‘layanan berbicara’ dengan harga yang berkisar hingga 50.000 yen. Pengunjung bisa memilih orang yang ingin  diajak bicara lalu membayar dengan harga yang sudah di tentukan. Praktiknya sendiri memang sedikit mirip dengan tempat prostitusi, namun hanya bisa mengajak orang yang telah dibayar sekedar mengobrol, tidak boleh melakukan hubungan seksual.

Untuk love hotel, ini adalah tempat bagi para pasangan memadu kasih dan tentunya untuk pasangan yang baru saja kenal di lokasi atau pria bersama ‘wanita panggilan yang dipesannya’. Sesuai namanya, ini adalah hotel untuk ‘bercinta’. Beberapa nama love hotel di Kabukicho yang kami ingat seperti Hotel Venus, Hotel Sun, Hotel Giardino, Hotel Leoni.

Tarif salah satu love hotel di Kabukicho

Harga kamar di love hotel bervariasi, mulai dari 3.000 hingga 7.000 yen, tergantung kualitasnya. Untuk bermalam harganya sangat mahal, bisa menyentuh angka 10.000 yen, dan akan semakin mahal saat akhir pekan. Ada dua jenis tipe menyewa kamar di love hotel, menginap siang hari disebut dengan kyuukei sedangkan di malam hari disebut shukuhaku.

Kenapa love hotel ramai menjadi pusat prostitusi? Hotel ini mempunyai parkir mobil yang tersembunyi. Menuju masuk gerbang parkir ada seperti tirai yang menjulur dari atas, dan saat mobil terparkir setengah badan mobil tidak terlihat dari luar sehingga menimbulkan kesan aman kepada para pria ‘hidung belang.’

Selain sebagai pusat hiburan malam, Kabukicho juga menjadi salah satu tempat yang berbahaya untuk turis asing

Meski ini adalah salah satu bisnis dunia gelap, love hotel mempunyai peranan penting saat Jepang diterpa krisis ekonomi karena menjadi salah satu bisnis yang tidak tekena imbasnya. Love hotel bahkan menyumbang 40 milyar dolar setahun, dan menjadi tulang punggung penyokong ekonomi Jepang hingga saat ini.

Jika hanya sebatas melihat langsung suasana dunia malam serta memenuhi hasrat penasaran, Kabukicho adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Namun harus tetap waspada karena banyak mucikari, terutama orang kulit hitam berkeliaran untuk menawarkan kenikmatan dunia gelap yang mungkin akan menimbulkan masalah jika kalian mencobanya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.