Jumlah Turis Asing di Jepang Kembali Torehkan Rekor




Jumlah turis asing yang berkunjung ke Jepang terus mengalami peningkatan. Selama bulan April ada sekitar 2.08 juta pelancong dari berbagai negara yang mendatangi Negeri Sakura.

Angka ini adalah rekor tertinggi jumlah turis asing dalam satu bulan yang berkunjung ke Jepang sekaligus memecahkan rekor bulan sebelumnya yang juga menyentuh angka lebih dari 2 juta orang.

Data menunjukkan bahwa jumlah turis yang datang ke Jepang tetap tinggi walaupun ada kekhawatiran akan penurunan jumlah turis akibat dari potensi perlambatan ekonomi Cina serta rangkaian gempa di Kumamoto dan sekitarnya yang berlangsung sejak 14 April lalu.

Pejabat dari Japan National Tourism Organization juga menyebutkan bahwa peningkatan ini disebabkan oleh perluasan rute penerbangan ke berbagai wilayah di Jepang serta kunjungan kapal pesiar. Selain itu pemandangan mekarnya bunga sakura di musim semi ini juga menjadi faktor pendukung meningkatnya kunjungan turis ke Jepang pada bulan April Lalu.

Bila dibagi per negara, Cina menyumbang wisatawan terbanyak dengan jumlah 515,000 orang, diikuti oleh Taiwan 384,000 orang, Korea Selatan dengan 354,000 orang dan 131,000 orang dari Thailand. Jumlah kunjungan turis dari Indonesia, Filipina, Vietnam India dan Prancis juga menyentuh rekor tertinggi bulanan pada April lalu.

Jepang baru baru ini merevisi target kunjungan turis luar negeri dari 20 juta pengunjung menjadi 30 Juta pengunjung pada tahun 2020 nanti, bersamaan dengan Olimpiade Tokyo.

Revisi dilakukan setelah dianggap angka 20 juta kunjungan Turis ke Jepang akan tercapai sebelum tahun 2020. Ini juga membuktikan optimisme pemerintahan Jepang terhadap potensi perkembangan dari sektor turisme, ditengah kondisi ekonomi global yang melambat ini.

Namun untuk mencapai target tersebut pemerintah Jepang masih menghadapi beberapa kendala, diantaranya adalah kurangnya pekerja di bidang turisme seperti tour guide, penerjemah, masih rendahnya konektivitas antara bandara dengan objek wisata dan kekurangan kapasitas akomodasi seperti Hotel bagi turis.

sumber: Japan Times

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.