JR East Berikan Kode Nama Untuk Seluruh Stasiun di Tokyo




East Japan Railway Co. (JR EAST) akan memperkenalkan sistem penomoran untuk semua stasiunnya di Tokyo mulai Oktober mendatang. Sistem ini diperkenalkan untuk mempermudah navigasi bagi turis asing yang diprediksi akan terus meningkat karena Pra-Olimpiade dan Olimpiade 2020.

Sistem penomoran didasarkan pada kombinasi dua huruf alfabet yang menunjukan jalur kereta terkait dann diikuti oleh dua digit nomor. Penomorannya pun akan diikuti kode dan nomor stasiun, tulisannya akan ditaruh dalam sebuah kotak yang memiliki warna serupa dengan warna jalurnya pula.

Contohnya, Stasiun Shinjuku pada Yamanote Line akan diberikan kode JY17 – “J” untuk JR, “Y” untuk “Yamanote Line” dan “17” untuk nomor uniknya. Hijau muda akan menjadi warna kotak yang mengelilingi tulisannya karena warna hijau muda merupakan simbol warna Yamanote Line.

JR East juga mengatakan bahwa stasiun penghubung yang menjadi titik transit dari berbagai jalur akan dinamakan dengan kode 3 huruf alfabet, termasuk UEN dan TYO untuk Stasiun Ueno dan Tokyo. Sementara itu, Stasiun Akihabara akan diberikan kode AKB.

Perusahaan kereta api JR EAST juga akan membuat terjemahan nama stasiun dalam bahasa Cina dan Korea, sebagai tambahan dari terjemahan Bahasa Inggris yang sudah ada sejak lama.

Sistem penomoran stasiun sebenarnya sudah diperkenalkan oleh Tokyo Metro yang mengoperasikan 9 jalur dan subway Toei.

Sumber dan Foto: Japan Today

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.