Jizo, Patung Pelindung Jiwa Anak-anak di Jepang




Patung Jizo menjadi pelindung untuk anak kecil di Jepang

Ketika Anda berada di Jepang, apakah pernah melihat patung Buddha kecil di dekat supermarket atau di pinggir jalan? Jika pernah, Anda pasti bertanya-tanya sebenarnya itu patung apa?

Patung Buddha kecil itu adalah Ksitigarbha salah satu dari empat Bodhisattva utama dalam Buddhisme Mahayana di Asia Timur dan di Jepang dikenal dengan Jizo atau “o-jizo sama”.

Menurut adat istiadat, ia terlihat sebagai wali anak-anak, terutama anak-anak yang meninggal mendahului orangtuanya. Sejak tahun 1980, ia dipuja sebagai pelindung jiwa mizuko, jiwa yang mati sewaktu dilahirkan, keguguran atau aborsi janin, dalam ritual mizuko kuyō (水子供養).

Dalam dongeng masyarakat Jepang, dikatakan bahwa jiwa para anak-anak yang meninggal mendahului orangtuanya tidak dapat menyeberangi Sungai Sanzu mistis seorang diri kehidupan berikutnya karena mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengumpulkan perbuatan baik yang cukup banyak dan karena mereka telah membuat orangtuanya menderita.

Baca juga: Daibutsu Kamakura Simbol Religius Dan Perjuangan

Dipercaya bahwa Jizo menyelamatkan jiwa-jiwa mereka dari menjadi batu abadi di tepi sungai sebagai penebusan dosa, dengan menyembunyikan mereka dari pararoh jahat dalam jubahnya, dan membiarkan mereka mendengar mantra-mantra.

DCIM100GOPROGOPR3539.

Kadang-kadang, patung tersebut terlihat memakai pakaian anak-anak atau oto, atau dengan mainan, yang diletakkan disana sebagai tanda kedukaan para orangtua agar membantu anak mereka yang telah meninggal dan berharap agar Jizo secara khusus melindungi mereka.

Kadangkala, persembahan diberikan oleh para orangtua sebagai tanda terimakasih kepada Jizo karena menyelamatkan anak mereka dari penyakit serius. Wajah Jizōumumnya dibuat lebih seperti muka bayi agar menyerupai anak-anak yang ia lindungi.

Karena ia terlihat seperti penyelamat jiwa yang menderita di dunia bawah, biasanya patungnya terletak di kuburan. Ia juga dipercaya sebagai dewa pelindung wisatawan, dan di Jepang, patung Jizo diletakan di pinggir jalan sehingga mudah terlihat. Para petugas pemadam kebarakan juga dipercaya berada di bawah lindungan Jizo.

Sumber: wikipedia

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.