Jiyuu Matsuri 2016 Sukses Mengharmoniskan Hubungan Jepang dan Indonesia




Jiyuu Matsuri 2016

Jiyuu Matsuri yang merupakan event terbesar milik Universitas Negeri Jakarta telah selesai dilaksanakan pada tanggal 5-6 November 2016. Acara yang diselenggarakan oleh HIMA Pendidikan Bahasa Jepang UNJ ini sangat ramai didatangi oleh pengunjung.

Bahkan, tim The Daily Japan sempat mendengar kabar dari panitia kalau Jiyuu Matsuri 2016 dikunjungi oleh sekitar 13.000 orang selama dua hari, lebih banyak dari tahun sebelumnya. Acara pada hari pertama dibuka oleh penampilan dari juara ketiga lomba tari tradisional Indonesia.

Setelah itu ada berbagai perlombaan serta penampilan di panggung utama, seperti lomba shiritori akademik, lomba finalis karaoke, lomba cosplay dan juga penampilan dari berbagai jurusan yang ada di Fakultas Bahasa dan Seni UNJ.

Memasuki siang hari, waktunya pengunjung mencari santapan untuk mengisi perut. Berbagai makanan dan minuman mulai dari takoyaki, okonomiyaki, sate ayam, teh tarik dan lain-lain dijual disini. Tidak hanya booth makanan saja yang ramai, booth yang menjual berbagai merchandise khas Jepang pun dipadati oleh pengunjung.

Obake di Jiyuu Matsuri 2016
Obake di Jiyuu Matsuri 2016

Tak ketinggalan, orang-orang yang ingin memasuki obakeyashiki pun membludak. Bahkan jika kami lihat, antriannya jauh lebih panjang ketimbang tahun lalu. Hal ini membuktikan antusias pengunjung yang ingin merasakan bagaimana seramnya rumah hantu Jepang milik Jiyuu Matsuri.

Semakin sore, acara semakin ramai karena setelah break ashar ada penampilan dari Taiko serta tiga finalis lomba dance cover yang membuat penonton riuh. Tidak hanya itu, penampilan dari beberapa perwakilan UNJ pun ikut meramaikan acara sampai malam.

Jiyuu Matsuri hari pertama ditutup oleh penampilan dari salah satu guest star, yakni Siloka Music yang memadukan musik tradisional Indonesia dengan musik modern. Hari kedua, acara kembali dibuka oleh pemenang dari tari tradisional Indonesia.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba di hari pertama. Meskipun cuaca cukup panas, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat penonton untuk berkumpul di depan panggung dan menyaksikan penampilan dari lima finalis lomba band.

Kemeriahan berlanjut ketika main stage menampilkan drama mikoshi serta flashmob oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNJ. Terlebih, lagu yang dibawakan ketika flashmob cukup familiar bagi pengunjung, yaitu Koisuru Fortune Cookies dari AKB48 serta Memeshikute dari Golden Bomber yang membuat semua menari bersama.

Tak terasa waktu sudah sore, setelah break ashar mulailah band-band featuring mengisi acara, seperti Sekar Khatulistiwa, Rainbowtachi serta Astro Paper dan ditutup dengan salah satu guest star, yaitu Jakarta Keion Club sebelum istirahat untuk sholat Maghrib.

Penampilan Lumina Scarlet di Jiyuu Matsuri 2016
Penampilan Lumina Scarlet di Jiyuu Matsuri 2016

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung pun tiba, jam setengah 7 malam ada penampilan dari idol grup asal Bandung, Lumina Scarlet. Membawakan lima buah lagu yang salah satunya merupakan single pertama mereka berjudul “Scarlet Melody”, Yuuchan dan kawan-kawan sukses mengguncang panggung Jiyuu Matsuri.

Acara semakin meriah ketika Obake Band naik ke atas panggung dan seluruh penonton ikut bernyanyi bersama hampir sepanjang penampilan mereka. Special performance dari Jiyuu Matsuri kali ini adalah REDSHiFT yang mampu membuat seluruh penonton berdansa bersama dengan musik-musik EDM yang mereka bawakan.

Penampilan dari REDSHiFT sekaligus ditembakkannya kembang api menutup gelaran festival Jepang milik Universitas Negeri Jakarta di tahun 2016 ini. Pihak penyelenggara sukses mengharmoniskan hubungan Jepang dengan Indonesia lewat rangkaian acara yang menggabungkan kedua budaya, sangat seru dan sesuai dengan tema “Harmony in Diversity”. Satu kata untuk Jiyuu Matsuri tahun ini : PECAH ABIS!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN x NeonPunch