Jiyuu Matsuri 2016 : Festival Jepang Gratis Milik Universitas Negeri Jakarta




14102700_1268424423168378_8450952390644439644_n

HIMA Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta kembali menggelar acara rutin tahunan mereka yang bernama “Jiyuu Matsuri” di tahun 2016 ini. Festival yang satu ini akan kembali dilaksanakan di Kampus A, UNJ Rawamangun pada tanggal 5-6 November 2016.

Sesuai dengan namanya, “Jiyuu” yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “bebas” ini memang tidak dikenakan biaya masuk alias GRATIS. Untuk tahun ini, pihak penyelenggara mengambil tema “Harmony in Diversity”.

Maksud dari tema tersebut adalah “keharmonisan di dalam perbedaan”, Jiyuu Matsuri 2016 tidak sebatas festival mengenai Jepang saja. Akan tetapi, akan digabungkan dengan kebudayaan asal Indonesia. Hal ini diperkuat dengan berbagai rangkaian acara menarik yang tidak boleh kalian lewatkan.

Apakah kalian mengetahui tentang komik “si Juki” ? Pembuat komik tersebut, yakni Faza Meonk akan mengisi seminar yang memiliki tema “Perkembangan Dunia Komik Dalam Era Digital”. Selain itu, akan ada beberapa workshop seperti cara membuat bento, cara membuat mochi serta music production.

Untuk perlombaan dibagi kedalam dua kategori, yaitu lomba akademik untuk anak-anak SMA dan lomba umum. Perlombaan yang bisa diikuti untuk umum ada cukup banyak, seperti lomba design chara, doujinshi, cosplay dan makan (seblak, takoyaki, ramen, kakigori). Mengunjungi festival Jepang rasanya akan kurang bila tidak ada pengisi acara.

Tentu saja, Jiyuu Matsuri ini memiliki berbagai bintang tamu yang akan memeriahkan weekend kalian nanti. Masih dalam konteks perlombaan, pemenang lomba tradisional, finalis lomba band, lomba dance cover serta lomba karaoke akan menjadi beberapa pengisi acara di hari sabtu dan minggu.

Selain itu, nama-nama seperti OBAKE Band, Jakarta Keion Club, SILOKA Music, REDSHiFT dan Lumina Scarlet akan menjadi guest star pada festival Jepang milik UNJ ini. The last but not least, Jiyuu Matsuri terkenal dengan seramnya obakeyashiki (rumah hantu) yang mereka miliki. Dari tahun ke tahun pengunjung rumah hantu Jepang ini semakin meningkat. Setelah sukses dengan tema “Misteri Jam Berdarah” pada tahun 2015 lalu, untuk tahun 2016 ini pihak penyelenggara mengambil tema “Labirin Merah”.

Nantinya, para pengunjung harus mencari sebuah boneka di dalam labirin sampai waktu yang telah ditentukan. Pencarian kalian pun tidak akan mudah karena ada para algojo yang siap mengganggu dan menghalangi petualangan kalian. Untuk itu, pastikan datang ke acara Jiyuu Matsuri 2016 di Kampus A Rawamangun, UNJ ini dan rasakan kemeriahannya. Informasi lebih lengkap silahkan lihat halaman facebook resmi Jiyuu Matsuri UNJ.

Poster Jiyuu Matsuri 2016
Poster Jiyuu Matsuri 2016

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Gamba Osaka | Pokemon Master | GIANT KILLING |