Gokakukei Iyokan, Jeruk Segi Lima Kebangaan Prefektur Ehime




Prefektur Ehime adalah salah satu wilayah penghasil jeruk yang terkenal. Rahasia popularitas jeruk Ehime adalah rasa asam yang berpadu dengan konsenterasi gula yang tinggi.

Pada tahun 2014, para petani di Ehime berhasil “Gokakukei Iyokan” (五角形 イヨカン). Iyokan sendiri adalah semacam jeruk mandarin atau yang dikenal juga dengan jeruk musim panas. Sedangkan gokakukei adalah segi lima. Ya, ini adalah jeruk segi lima kebangaan warga Ehime.

Kreasi luar biasa ini dikembangkan oleh petani yang bernama Keisuke Ninomiya, Jo Kobuta, dan Akihiro Nagaoka. Mereka mencoba membudidayakannya dengan cara memasukkan jeruk yang masih kecil ke dalam cetakan bentuk hati.  Setelah itu jeruk sudah berbentuk hati ketika mencapai usia panen.Jeruk segi lima seakan melengkapi buah berbentuk ‘aneh’ yang berhasil diciptkan oleh Jepang. Sebelumnya ada semangka atau lemon berbentuk hati bahkan kotak.

Idenya digagas lima tahun lalu dan butuh tiga tahun untuk mengahsilkan sukses jeruk segilima. Petani harus hati-hati membungkus setiap buah dalam cetakan, yang menekan buah ahar tumbuh sesuai bentuk yang diinginkan.

Jeruk segi lima ini juga ditawarkan sebagai jimat untuk para pelajar yang akan menempuh ujian. Hal yang membuat jeruk itu juga dinamai Gokaku no Iyokan atau yang bermakna “aroma kesuksesan ujian”. Penjualan jeruk itu memang untuk menyambut musim ujian sekolah di Yawatahama, Ehime.

Jika nanti kalian berkesempatan untuk berkunjung ke Prefektur Ehime, jangan lupa untuk mencicipi jeruk unik yang cuma ada disana ini!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.