Jersey Tim Nasional Jepang dari Masa ke Masa




Dari tahun ke tahun, jersey sepakbola kerap berganti-ganti  baik dalam segi bahan, desain atau bahkan teknologi yang diterapkan kedalam jersey tersebut.  Jersey pada awalnya memang hanya berfungsi sebagai identitas tim saja, akan tetapi sejalan dengan perkembangan  zaman jersey pun berubah menjadi sebuah industri pendulang uang yang sangat menjanjikan.

Dengan demikian tak heran jika para produsen jersey kini berlomba-lomba menerapkan inovasi-inovasi baru terhadap jersey yang mereka produksi.

Selain itu, jersey juga merupakan simbol eksistensi hinga prestise sebuah kesebelasan sepakbola yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah dan perkembangan tim tersebut dari masa ke masa. Jersey bisa jadi merupakan salah satu saksi nyata  bagi sejarah sebuah tim sepakbola dari mulai sejarah manis sampai sejarah yang kurang mengenakan bagi mereka.

Berbicara mengenai jersey, timnas sepakbola Jepang berencana akan merilis jersey baru mereka pada tahun ini dan akan mulai dipamerkan saat mereka berlaga di Kualifikasi Piala Dunia menghadapi Singapura pada tanggal 12 November mendatang.

Sebelum melihat bagaimana Jersey baru yang akan dikenakan timnas Jepang nanti, tidak ada salahnya jika kita sedikit kilas balik melihat bagaimana sejarah jersey timnas Jepang  dari masa ke masa. Ya, kali ini The Daily Japan akan sedikit mengupas dibalik sejarah jersey yang pernah dikenakan oleh para pemain dari timnas Jepang beserta sejarah yang merekat pada jersey tersebut.

Berikut adalah perubahan jersey timnas Jepang dari masa ke masa. Check this out !

1936 (Olimpiade Berlin)
Jersey yang dikenakan pada pagelaran Olimpiade 1936 di Berlin ini mungkin akan selalu dikenang sebagai penanda awal kemunculan sepakbola Jepang. Seragam yang didesain dengan warna biru gelap ini menjadi saksi bagaimana timnas Jepang (Kekaisaran Jepang) saat itu tampil luarbiasa ketika mampu mengalahkan salah satu kandidat juara Swedia dengan skor 3-2 setelah dibabak pertama mereka tertinggal 2-0.

Kemenangan tersebut menjadikan Jepang sebagai Negara Asia pertama yang mampu meraih kemenangan diajang Piala Dunia atau Olimpiade dan kejadian itu selalu dikenang sebagai “The Miracle of Berlin”. Namun sayang kegemilangan tersebut tidak berlanjut di perempat final karena Jepang harus menyerah dari Italia setelah mengalami kekalahan 8-0.1936

1956 (Olimpiade Melbourne)
Di kejuaraan resmi yang diikuti Jepang pasca Perang Dunia ini, Jepang masih mempertahankan desain jersey seperti di Olimpiade Berlin. Perubahan hanya terjadi di ukurang bendera yang sedikit lebih kecil. Selain digunakan di Olimpiade Melbourne, jersey ini pun dikenakan Jepang saat mengikuti kualifikasi Olimpiade menghadapi Korea Selatan dimana saat itu Jepang berhasil lolos melalui undian setelah di dua pertemuan Jepang dan Korea Selatan saling mengalahkan dengan skor yang sama 2-0.
1956

1964 (Olimpiade Tokyo)
Di Olimpiade Tokyo, jersey warna biru tetap dipertahankan akan tetapi motif kerah mulai ditinggalkan dan sebagai gantinya motif V-Neck mulai diperkenalkan untuk menhadapi turnamen kali ini. Meski jersey ini merupakan seragam utama timnas Jepang di Olimpiade Tokyo, tapi pada kenyataannya Jersey ini tidak sekalipun digunakan oleh mereka karena di 3 pertandingan yang dijalani, Jepang lebih memilih mengenakan jersey kedua mereka yang berwarna putih. Hal yang cukup aneh mengingat mereka adalah tuan rumah.1964

1968 (Olimpiade Meksiko)
Berbeda dengan 3 Olimpiade sebelumnya, di Meksiko timnas Jepang menggunakan jersey berwarna putih-putih dan menggunakan motif bulat dileher sebagai seragam. Selain karena untuk pertama kalinya Jepang mengunakan warna putih sebagai seragam utama, jesey ini juga merupakan saksi dimana timnas Jepang sukses meraih medali perunggu di Meksiko. Selain itu Jepang juga sukses menyabet gelar Fair Play Award Team dan Kunishige Kamamoto sukses menjadi pencetak gol terbanyak dengan raihan 7 gol.1968

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2132 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.