Jepang Targetkan Satu Juta Wisatawan Muslim




Wisatawan muslim semakin membanjiri Jepang setiap tahunnya

Dalam dua tahun terakhir, jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke Jepang terus bertambah. Meski agama Islam masih menjadi minoritas di Negeri Sakura, pemerintah Jepang terus berbenah agar pelancong muslim tidak mengalami kesulitan saat mengunjungi Jepang.

Sekarang ini, tempat ibadah untuk umat muslim sudah mulai dapat ditemui di tempat-tempat umum seperti bandara dan stasiun, serta dibeberapa tempat wisata yang populer.

Selain tempat ibadah, kendala lain yang sering dihadapi wisatawan muslim sebelumnya saat berada di Jepang adalah sulitnya mencari makanan yang bersetifikat halal.

Pemerintah Jepang pun tak berdiam diri, mereka memberikan bantuan kepada para pengusaha yang ingin membuat usaha makanan halal. Tak heran jika akhirnya sekarang ini ini restoran yang menjual makanan halal semakin menjamur di Jepang.

Belum lama ini, Japan Airlines, salah satu maskapai penerbangan terbesar dari Jepang juga sudah memberlakukan menu halal dalam perjalanan. Hal ini tentu semakin membuat nyaman wisatawan muslim yang ingin ke Jepang.

Dengan derasnya jumlah wisatawan muslim yang datang, Jepang menargetkan satu juta turis muslim pada tahun 2020 atau saat Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade.

Melansir Crescentrating.com, pada tahun 2013 Jepang dikunjungi lebih dari 300 ribu wisatawan muslim. Untuk tahun 2016, diperkirakan menyentuh angka 500 ribu. 65% dari turis muslim yang datang berasal dari negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Dari tahun 2004 hingga 2013, jumlah pengunjung muslim tumbuh pada tingkat rata-rata 7,2 persen per tahun. Tingkat pertumbuhan tertinggi adalah 47 persen pada 2012, diikuti oleh 29 persen pada tahun 2013.

Tingkat pertumbuhan pada tujuh tahun mendatang diproyeksikan menjadi 18,7 persen untuk memenuhi target satu juta wisatawan muslim pada tahun 2020. Sehingga diharapkan target satu juta wisatawan muslim pada tahun 2020 dapat terwujud.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.