Jepang Siapkan All-in-one IC Card Untuk Olimpiade Tokyo 2020




Pasmo dan Suica, IC Card yang bisa digunakan di Tokyo

Jepang terus berbenah dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 2020. Mereka ingin memberikan “omotenashi” (hospitality) yang diharapkan bisa memudahkan para turis yang akan menyaksikan pagelaran akbar empat tahunan tersebut. Jepang ingin membuat All-in-one IC Card.

IC Card ini nantinya tidak hanya untuk alat pembayaran transportasi umum dan barang di konbini seperti yang sudah ada, tapi juga bisa digunakan untuk memesan penginapan dan tiket pertandingan. Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi mengatakan akan mengajukan permohonan untuk biaya proyek ini yang diperkirakan membutuhkan dana sebesar 1 miliar yen.

Bagi para turis atau penonton yang ingin mendapatkan IC Card ini, diharuskan mendaftar dengan memasukan data pribadi mereka secara online. Setelah itu mereka akan menerima nomor omotenashi mereka. Bagi yang sudah mendaftar, nantinya cukup memberikan nomor omotenashi mereka jika ingin memesan penginapan dan memesan tiket pertandingan.

Saat tiba di Tokyo, mereka diharuskan membeli IC Card seperti Suica ataupun Pasmo, kemudian memasukan nomor omotenashi mereka di tempat-tempat yang nantinya ditentukan di dalam bandara. Setelah semua proses registrasi selesai, mereka bisa melakukan pengisian saldo di dalam kartu.

Di tempat registrasi akan memberikan informasi seperti bagaimana cara untuk menuju stadion dan jika ada bencana yang terjadi dalam bahasa masing-masing pendaftar. Info-info lainnya juga akan dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan oleh para turis sebelumnya.

Selain itu, pemerintah Jepang juga akan memperluas spot-spot WiFi gratis agar semakin memudahkan para turis mengakses informasi yang mereka butuhkan. Sudah menjadi rahasia umum jika Jepang masih sedikit tertinggal dalam penyediaan koneksi internet gratis kepada turis asing.

All-in-one IC Card ini sepertinya sangat menarik karena hanya dengan satu kartu, para turis yang berkunjung untuk menyaksikan Olimpiade Tokyo 2020 sudah bisa membayar segala sesuatu yang mereka butuhkan saat berada di Tokyo.

Sumber: Asahi

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.