Jepang Sahkan RUU Pengunduran Diri Kaisar Akihito




Kaisar Akihito

Majelis rendah parlemen Jepang memutuskan untuk mengesahkan rancangan undang-undang yang mengizinkan Kaisar Akihito turun tahta. Keputusan ini diambil setelah proses penggodokan yang matang.

Pada musim panas tahun lalu, melalui pidato yang disiarkan langsung oleh televisi nasional, Kaisar Akihito mengisyaratkan untuk mundur dari tahta karena alasan kesehatan. Hal ini memicu perbincangan karena dalam dua abad terahir tidak ada Kaisar Jepang yang menanggalkan jabatan saat masih hidup.

Alasan usia dan kesehatan yang terus menurun menjadi alasan utama Akihito menginginkan turun tahta. Apalagi kaisar pernah menjalani pengobatan kanker prostat dan operasi jantung.

Rancangan undang-undang yang hanya akan digunakan satu kali ini diharapkan sudah akan bisa disahkan pekan depan oleh Majelis Tinggi.

Setelah disahkan maka proses penyerahan tahta harus berlangsung dalam waktu paling lambat tiga tahun atau undang-undang ini kedaluarsa.

Pangeran Akishino, anak kedua dari Kaisar Akihito dikabarkan akan menjadi Kaisar Jepang selanjutnya. Keputusan yang sedikit mengejutkan karena sebelum santer tersiar kabar jika putra pertama Pangeran Naruhito yang akan menjadi Kaisar.

Permasalahan lain yang muncul dengan pergantian ini adalah apa nama panggilan untuk Akishino karena tentu saja ia tidak bisa disebut sebagai Tenno Heika atau Kaisar karena Kaisar yang sebenarnya (Akihito) masih hidup.

Tim khusus akhirnya memutuskan nama lain yaitu Koushi Denka atau Pimpinan Kaisar namun masih memerlukan pengesahan parlemen untuk nama tersebut.

Kaisar Akihito sendiri nantinya akan berubah nama panggilan menjadi Joukou atau Pensiunan Kaisar. Sedangkan Permaisuri Michiko akan disebut sebagai Joukougou.

Mundurnya Kaisar Akihito sekaligus akan mengakhiri era Heisei yang memiliki arti “mencapai perdamaian,” setelah sebelumnya menggantikan era Showa atau “pencerahan dan harmoni,” yang digunakan saat zaman ayahnya, Kaisar Hirahito.

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2221 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.