Jepang Pilih 88 Tempat yang Muncul di Anime dan Manga Sebagai Tempat Wisata Untuk Menarik Minat Turis




Stasiun Hida-Furukawa yang muncul di dalam film Kimi no Na Wa.

Video presentasi Olimpiade 2020 pada penutupan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mengundang banyak pujian. Jepang memadukan olahraga dengan pop culture yang ditutup oleh kemunculan Perdana Menteri Shinzo Abe dengan balutan kostum Super Mario.

 Sambutan positif tersebut seakan menjadi pertanda jika pop culture Jepang sekarang ini memang sudah mendunia. Manga dan anime kini tidak lagi dinikmati oleh orang Jepang semata, tapi oleh banyak orang dari semua penjuru dunia.

Jelang pesta akbar Olimpiade Tokyo 2o20, Dinas Pariwisata Jepang menargetkan menarik 40 juta turis asing dalam satu tahun. Anime dan manga disiapkan mendapatkan peranan lebih besar dalam memancing minat para pelancong mancanegara untuk beriwisata ke Negeri Sakura. Jepang membentuk Anime Tourism Association untuk menentukan 88 Jepang pilih 88 tempat yang muncul di Anime dan Manga sebagai tempat wisata untuk menarik minat turis.

Perpustakaan di kota Hida yang muncul di dalam film Kimi no Na Wa

Badan Pariwisata mengajak para penggemar anime diberbagai penjuru dunia untuk ikut menentukan pilihan dengan survey yang dilakukan di situs animetourism88.com/en/ sejak bulan September tahun lalu. Gagasan memilih 88 lokasi diilhami oleh jalur ziarah tradisional 88 kuil, yang disebut henro, di sekitar pulau Shikoku.

Berdasarkan hasil survey yang didapat, kota Hida yang muncul di dalam film Kimi no Na Wa. termasuk di dalam daftar. Kesuksesan film besutan Makoto Shinkai memang membut kota itu mendadak tenar.

Hida, sebuah kota kecil di pegunungan Prefektur Gifu ditampilkan sebagai kampung halaman Mitsuha Miyamizu, salah satu karakter utama di dalam film. Banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjungi kota tersebut setelah menyaksikan Kimo no Na Wa. Mereka mendatangi Stasiun Hida-Furukawa, Kuil Hien, halte tua, dan perpustakaan lokal. Selain itu, tempat di kota Tochigi yang ada di dalam film Makoto Shinkai lainnya yakni 5 centimeters per second juga terpilih menjadi salah satu tempat wisata anime.

Berikut daftar lengkapnya: 2018 Japan Anime Tourism 88-Stop Pilgrimage (PDF)

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2215 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.