Jepang Peringati 72 Tahun Bom Atom Hiroshima




Warga Jepang memperingati 72 tahun bom Hiroshima di Taman Monumen Perdamaian Hiroshima

Hari Minggu (6/8) kemarin menandai peringatan 72 tahun Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara dalam upacara tahunan di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di dekat pusat jatuhnya bom.

“Di kota Hiroshima ini, sekali lagi saya berjanji akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan dunia bebas nuklir dan perdamaian abadi. Dan, saya juga berdoa untuk kedamaian para korban bom atom dan keluarga mereka, yang hadir di sini dan juga seluruh penduduk Hiroshima,” ujar Abe.

Walikota Hiroshima Kazumi Matsui mengatakan, “Selama ada senjata nuklir dan para penyusun kebijakan mengancam akan menggunakannya, kengerian yang dialami para korban bom Hiroshima dapat kita alami setiap saat.”

Ia menambahkan, “Dengan tulus saya berdoa untuk para korban bom atom, dan bersama warga di seluruh dunia saya berjanji untuk berusaha sekuat tenaga menghapus senjata nuklir yang begitu mengerikan, dan untuk mencapai perdamaian dunia.”

Pada 6 Agustus 1945, pasukan Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima. Serangan tersebut menewaskan ribuan orang secara langsung dan 140 ribu orang pada akhir tahun. Pasukan Jepang kemudian menjatuhkan bom atom lain di kota Nagasaki, Jepang, pada 9 Agustus. Jepang kemudian menyerah enam hari kemudian.

Sumber: AP

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.