Catatan Baik Shinkansen Dijadikan Senjata Dapatkan Proyek Kereta Cepat Kuala Lumpur-Singapura




Jepang mempromosikan rekor keamanan shinkansen yang telah beroperasi selama 50 tahun tanpa kecelakaan dan korban jiwa dalam 2nd High Speed Rail Symposium yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan darat malaysia atau SPAD dan Jepang.

Promosi ini dilakukan rangka usaha konsorsium Shinkansen Jepang untuk memenangkan proyek kereta cepat antara Kuala Lumpur dengan Singapura.

Dalam simposium ini juga diresmikan kerjasama dalam berbagai bidang seperti berbagi berbagai praktik terbaik dalam bidang perkeretaapian dan Riset bersama antara SPAD dengan Jepang.

Kereta cepat antara Kuala Lumpur dengan Singapura rencananya akan memiliki panjang 350km dan akan ditempuh selama 90 menit. jauh lebih cepat dari bus yang membutuhkan waktu 7 atau 8 jam, atau kereta selama 4 Jam.

Kesepakatan antara pemerintah Malaysia dengan Singapura mengenai proyek kereta cepat ini dijadwalkan akan diteken pada pertengahan tahun ini, dan tender kereta cepat dapat dibuka pada awal tahun 2017 ini.

Banyak negara seperti China, Jepang, Korea Selatan dan Eropa mengincar proyek senilai 11 Miliar Dollar ini, namun China disebutkan menjadi kontestan favorit.

Ini karena China saat ini memasok sekitar 80% kereta di malaysia dan China Railway Rolling Stock sudah membuka pabrik manufaktur kereta di Malaysia. selain itu banyak proyek besar Malaysia yang dimenangkan oleh china seperti elektrifikasi kereta Gemas-Johor Baru senilah 2 milliar dollar.

Upaya Jepang untuk mengekspor kereta cepat atau shinkansen sudah menjadi semacam persaingan politik ekonomi antara Jepang dengan China untuk memperebutkan pengaruh di kawasan Asia.

Jepang saat ini berhasil membangun Shinkansen ke Taiwan. serta memenangkan proyek 12 miliar dollar untuk Shinkansen Di India. Sementar China berhasil memenangkan kontrak pembangunan Kereta cepat di Turki, Laos dan Iran.

Ekspor teknologi Shinkansen penting bagi Jepang mengingat demografi yang sudah menua dan ekonomi yang stagnan menyebabkan Konsorsium shinkansen sulit untuk bertahan hanya dengan mengandalkan order dari dalam negeri Jepang.

Sumber: Japan Times, Financial Times

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.