Jepang Ingin Menambah Pekerja Asing di Bidang Pertanian




Pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk memperluas penerimaan bagi pekerja asing guna mengatasi kurangnya tenaga kerja pada industri pertanian dengan memanfaatkan zona-zona ekonomi khusus.

Para peserta pada sebuah panel di Zona Khusus Strategis Nasional bertemu pada hari Selasa (04/10/2016) untuk membahas deregulasi mengenai bagaimana membangkitkan perekonomian regional.

Walikota Ogata di Prefektur Akita, mengatakan warganya ingin menerima pekerja asing yang memiliki keahlian guna mengatasi kekurangan para pekerja pertanian yang sangat serius.

Sementara Walikota Senboku yang juga berada di Akita, meminta pelonggaran persyaratan nasional untuk memberikan sertifikasi kepada pengelola layanan wisata. Para pengawas yang bersertifikasi dapat merencanakan dan menjual paket-paket tur guna menarik lebih banyak pengunjung.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan proposal tersebut penting dari sudut pandang kebijakan pemerintah guna membangkitkan kembali perekonomian lokal serta mempromosikan partisipasi aktif dari seluruh warga dalam masyarakat.

Abe mengatakan pemerintah akan segera memperluas pembahasan mengenai proposal yang tidak membutuhkan revisi hukum. Menurutnya rancangan undang-undang bagi proyek yang memerlukan perubahan undang-undang akan disusun dalam sidang Parlemen selanjutnya.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.