Jepang Berencana Membuat Superkomputer Tercepat di Dunia




Jepang seakan tak pernah berhenti melakukan inovasi dengan tekhnologi.  Jepang berencana mengembangkan sebuah superkomputer berkecepatan tinggi.

Komputer ini nantinya akan digunakan untuk menyangga manufaktur sekaligus berfungsi sebagai platform penelitian dalam pengembangan di berbagai bidang, seperti mobil otonomos, robotika, dan medis.

Melansir Reuters, Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang mengalokasikan anggaran sekitar 19,5 miliar yen untuk program ini. Menurut laporan, proyek ini sekaligus menjadi cara bagi Jepang untuk kembali berkompetisi di jagat teknologi.

Sebelumnya, selama tujuh tahun berturut-turut, komputer super buatan Tiongkok dikabarkan menduduki peringkat teratas untuk komputer paling cepat di dunia.

Superkomputer ini diklaim akan mampu melakukan 130 kuadrilion–atau 130 petaflops dalam bahasa ilmiah– kalkulasi setiap detiknya. Direncanakan proyek ini akan dibuka mulai awal tahun depan.

Jika angka 130 petaflops dapat dicapai oleh para insinyur Jepang, maka sudah dipastikan Jepang akan mempunyai Super Komputer tercepat di dunia yang mengalahkan Sunway Taihulight milik Cina (93 petaflops).

Perdana Menteri Shinzo Abe dilaporkan juga telah memanggil sejumlah perusahaan, birokrat, dan politisi untuk bekerja sama agar Jepang dapat berhasil di bidang robotika, baterai, energi terbarukan, dan pasar lain yang sedang bertumbuh.

Superkomputer ini diberi nama AI Bridging Cloud Infrastructure (ABCI), pelelangan proyek telah dibuka dan akan ditutup 8 Desember 2016. Fujitsu Ltd sebagai pembuat super komputer (10.5 petaflops) tercepat di Jepang saat ini diperkirakan akan ikut serta dalam perebutan proyek tersebut.

Sumber: reuters, liputan 6, serhamo

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.