Jepang Akan Pilih Tempat-tempat yang Muncul di Anime dan Manga Sebagai Tempat Wisata Untuk Menarik Minat Wisatawan




Washinomiya Jinja yang muncul dalam manga dan anime "Lucky Star"

Video presentasi Olimpiade 2020 pada penutupan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 kemarin mengundang banyak pujian. Jepang memadukan olahraga dengan pop culture yang ditutup oleh kemunculan Perdana Menteri Shinzo Abe dengan balutan kostum Super Mario.

Sambutan positif tersebut seakan menjadi pertanda jika pop culture Jepang sekarang ini memang sudah mendunia. Manga dan anime kini tidak lagi dinikmati oleh orang Jepang semata, tapi oleh banyak orang dari semua penjuru dunia.

Jelang pesta akbar Olimpiade Tokyo 2o20, Dinas Pariwisata Jepang menargetkan menarik 40 juta turis asing dalam satu tahun. Kini, anime dan manga disiapkan mendapatkan peranan lebih besar dalam memancing minat para pelancong mancanegara untuk beriwisata ke Negeri Sakura. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Tsuguhiko Kadokawa, ketua penerbitan Kadokawa Corp. yang sekaligus menjabat sebagai wakil presiden Anime Tourism Association.

“Sangat mengesankan sekarang ini kehadiran pop culture Jepang di dunia telah berkembang pesat dan dapat berdiri setara dengan Hollywood,” ujar Kadokawa kepada The Japan Times.

Untuk langkah awal, sebuah grup yang didukung oleh Kadokawa Corp., agen perjalanan JTB Corp., Narita International Airport Corp., dan Japan Airlines Co. akan memilih 88 tempat di Jepang yang ditampilkan di dalam anime dan manga. Tempat tersebut dipilih berdasarkan survey yang dilakukan kepada para penggemar melalui situs animetourism88.com/en/ dan nantinya akan dijadikan tempat wisata.

Salah satu tempat yang muncul di Slam Dunk di daerah Kamakura ramai dikunjungi para penggemarnya
Salah satu tempat yang muncul di Slam Dunk di daerah Kamakura ramai dikunjungi para penggemarnya

Menurut Yoshiyuki Tomino, sang kreatior anime Gundam yang dipercaya sebagai presiden grup, mereka ingin pengalaman yang ada di dalam anime tidak hanya ditonton, tetapi bisa dirasakan secara langsung oleh para penggemar.

Sebagai contoh, persimpangan kereta api yang terletak di dekat garis pantai yang indah di Kamakura, Prefektur Kanagawa, ramai dikunjungi oleh para penggemar “Slam Dunk”. Banyak pengunjung yang datang dari luar negeri, terutama Taiwan. Mereka sengaja datang untuk mengambil foto secara langsung dari tempat yang sebelumnya mereka lihat di manga dan anime “Slam Dunk.”

Hal yang sama juga terjadi di Washinomiya Jinja, sebuah kuil indah yang terletak di Saitama, pinggiran Tokyo. Kuil ini muncul di dalam manga “Lucky Star” atau “Raki Suta” karangan Kagami Yoshimizu yang kemudian juga diangkat ke dalam anime.

Washinomiya Jinja mungkin tidak setenar Meiji Jingu yang berada di tengah Tokyo, tapi tempat ini laris dikunjungi oleh para penggemar “Lucky Star” yang ingin merasakan momen yang pernah mereka baca dan tonton sebelumnya.

Menarik untuk menunggu ke-88 tempat yang akan terpilih. Jika nantinya ada salah satu tempat yang dipilih dari anime ataupun manga favorit kalian, rasanya perlu untuk merasakan berwisata langsung ke tempat tersebut.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.