Jepang Akan Bangun 30.000 Spot Wi-fi Gratis Untuk Para Wisatawan Asing




Menyambut Olimpiade Tokyo 2020, Jepang akan membangun banyak spot wifi gratis

Pemerintah Jepang berencana untuk membangun 30.000 jaringan free wifi di area publik. Jaringan ini juga akan dipasang di tempat-tempat wisata dan di fasilitas evakuasi. Proses ini akan selesai tahun 2020 atau saat Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk membangun infrastruktur dan memberikan informasi yang berguna dalam beberapa bahasa asing untuk menarik wisatawan asing agar lebih banyak yang datang ke Jepang sehhingga nantinya bisa meningkatkan pendapatan daerah-daerah di Negeri Sakura tersebut.

Dengan menyediakan banyak jaringan internet secara gratis di tempat-tempat wisata, pemerintah Jepang menargetkan jumlah wisatawan asing ke akan meningkat sebesar 1,46 juta per tahun. Sekarang ini hanya ada 10 sampai 25 persen dari tempat-tempat wisata di Jepang yang memiliki jaringan internet gratis.

Para wisatawan asing nantinya akan dapat mencari informasi tempat wisata dalam beberapa bahasa dengan menggunakan smartphone atau perangkat tablet dan akan mempermudah mereka menemukan alat transportasi ataupun tempat menginap.

Untuk mengantisipasi jika nanti wisatawan asing bisa terjebak dalam situasi bencana, jaringan ini juga akan bangun dibeberapa fasiltas evakuasi.

Menurut Mentri Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, sekarang ini ada sekitar 88.000 daerah evakuasi dan tempat penampungan nasional. Namun hanya 0,1 persen dari daerah evakuasi, dan 1 persen dari tempat penampungan yang memiliki jaringan internet gratis.

Proyek ini diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar 31.1 milyar yen. Setengah dari biaya tersebut akan ditanggung oleh pemerintah, dan sisanya diharapkan dari pihak-pihak swasta dan pemerintah daerah.

Sumber: The Yomiuri Shimbun

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.