Jak-Japan Matsuri 2017: Mempertemukan Budaya Jepang dan Betawi




Acara Jak Japan Matsuri semakin mempererat hubungan baik antara Indonesia dan Jepang

Acara Jak-Japan Matsuri kembali hadir untuk kesembilan kalinya di Jakarta. Acara yang dihelat pada tanggal 9 dan 10 September 2017 di Lapangan Aldiron ini kembali membawa kan tema “Indonesia and Japan Always Together”.

“Melalui acara ini kami tak hanya memperkenalkan kebudayaan Jepang saja, terdapat juga pertukaran budaya antara Jepang dan Indonesia. Salah satunya akan ada penampilan tari tradisional Betawi,” ujar Takeyama Kenichi, Sekretaris Jenderal Komite Jak-Japan Matsuri.

Terlihat pengunjung yang memadati lokasi acara Jak-Japan Matsuri tak hanya orang-orang Indonesia yang penasaran akan adanya acara tersebut atau para pecinta kebudayaan Jepang. Terdapat pula banyak orang Jepang yang berdatangan bersama dengan teman atau keluarganya.

“Acara ini juga jadi sebuah ajang berkumpul untuk orang Jepang yang ada di Jakarta. Selain itu, beberapa dari mereka juga penasaran ingin melihat penampilan sejumlah artis lokal seperti Tulus, Tompi, atau JKT48,” lanjut Takeyama.

Jak-Japan Matsuri ini awalnya pernah diadakan di Monas dan kemudian dipindahkan ke kawasan Senayan. Namun, sehubungan dengan renovasi kawasan Senayan untuk Asian Games 2018, maka pihak panitia harus mencari lokasi lain. Pihak panitia sengaja memilih Lapangan Aldiron melihat tempatnya yang luas dan cocok untuk konsep matsuri.

Walaupun panas terik menyengat lokasi Jak-Japan Matsuri, hal itu tak menyurutkan antusiasme dari para pengunjung. Terlihat banyak sekali yang antusias mengunjungi sejumlah booth yang menawarkan konsep unik, seperti permainan kendama, menembak, dan juga kerajinan khas Jepang yang dikenal dengan Kurumie.

Para pengunjung berkesempatan untuk mencoba membuat langsung kerajinan Kurumie secara langsung dan gratis. Kurumie adalah kerajinan tangan yang terbuat dari potong kertas washi (kertas Jepang) dan dibuat dalam bentuk tiga dimensi.

Jika sudah selesai dengan hasil karyanya, para pengunjung bisa saja meminta karyanya untuk dibingkai. Antusiasme pengunjung untuk Kurumie terlihat sangat besar, terbukti dengan slot nya yang sudah habis jauh lebih awal sebelum acara berakhir.

Selain itu para pengunjung juga terlihat antusias untuk mencicipi makanan khas Jepang yang dijual disana, seperti Takoyaki, Okonomiyaki, dan Dango. Tak ketinggalan, penampilan dari para artis ibu kota pun semakin memeriahkan rangkaian acara Jak-Japan Matsuri ini.

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Chaula Rininta 7 Articles
C.R.A Food and Travel Hunter 武藤十夢推し @ayaelectro 📷: Samsung A5 2016 + Fujifilm XA3 Jakarta, Indonesia - Singapore ayaelectro.wordpress.com