J1 League 2018 Pekan ke-16: Kartu Merah Fabio Membawa Malapetaka Bagi Gamba Osaka




Patric Anderson memutuskan untuk tidak melakukan selebrasi gol di hadapan mantan klubnya | PHOTO: J.League

J1 League kembali bergulir pada tanggal 18 Juli 2018 setelah libur panjang dalam rangka Piala Dunia 2018. Di pertandingan pekan ke-16 ini, pemimpin klasemen sementara Sanfrecce Hiroshima menjamu tim dari kota Suita yang saat ini masih terseok di jurang degradasi, Gamba Osaka.

Sanfrecce yang ditukangi oleh Hiroshi Jofuku langsung tampil menyerang semenjak babak pertama bergulir. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Gamba Osaka sudah harus bermain dengan 10 orang setelah Fabio diangkap melakukan pelanggaran keras kepada Aoyama. Tanpa basa-basi, wasit langsung memberikan kartu merah kepada bek tengah berkebangsaan Brasil tersebut.

Hilangnya sosok sentral di jantung pertahanan ‘memaksa’ pelatih Levir Culpi menarik keluar penyerang mereka, Hwang Ui-jo yang digantikan oleh Suganuma untuk mengisi pos yang ditinggalkan oleh Fabio. Unggul jumlah pemain membuat tim asal Hiroshima semakin gencar melancarkan serangan.

Hasilnya di menit ke-26, mantan striker Gamba Osaka, Patric Anderson sukses membuka keunggulan bagi Sanfrecce Hiroshima lewat tandukannya yang gagal dihalau Masaaki Higashiguchi. Tertinggal satu gol tak lantas membuat Gamba patah semangat, beberapa kali mereka mencoba melancarkan serangan yang sayangnya masih gagal menembus pertahanan Sanfrecce.

Sial bagi Genta Miura dan kolega, mereka harus kembali tertinggal di menit ke-41. Lagi-lagi, Patric Anderson mencatatkan namanya di papan skor dan keunggulan 2-0 bertahan hingga jeda. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak kedua. Ketika baru berjalan lima menit, Masato Kudo berhasil membawa Sanfrecce unggul jauh dari Gamba Osaka setelah tendangan volley di dalam kotak pinalti Gamba tidak berhasil dimentahkan oleh Higashiguchi.

Meski sudah memimpin 3-0, anak asuhan Hiroshi Jofuku tidak mengendurkan serangan. Beberapa kali mereka mengancam gawang yang dikawal Higashiguchi. Gamba Osaka pun tidak tinggal diam, mereka melancarkan serangan balik yang sayangnya selalu berhasil dipatahkan oleh barisan pertahanan Sanfrecce Hiroshima.

Tiga menit tersisa di waktu normal babak kedua, penyerang tim nasional Thailand yang baru masuk di babak kedua, Teerasil Dangda menutup pesta gol Sanfrecce di kandang sendiri. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan telak Sanfrecce Hiroshima 4-0 atas Gamba Osaka.

Selain Sanfrecce, nyatanya beberapa klub J1 lainnya pun berpesta gol di pecan ke-16 ini. Yokohama F. Marinos menjadi tim yang mampu menang sangat besar atas tuan rumah Vegalta Sendai. Marinos berhasil menghempaskan Vegalta 2-8, ini merupakan pertama kalinya setelah terakhir 20 tahun yang lalu terjadi 10 gol dalam satu pertandingan J1. Selain itu, bagi Vegalta Sendai, ini merupakan pertama kalinya mereka kemasukkan delapan gol dalam satu pertandingan J1 (via optajiro).

Berikut ini adalah hasil lengkap J1 League pecan ke-16 (18 Juli 2018):

Jubilo Iwata 3-3 Kashima Antlers

Sanfrecce Hiroshima 4-0 Gamba Osaka

Shimizu S-Pulse 3-0 Cerezo Osaka

V-Varen Nagasaki 0-1 Vissel Kobe

Hokkaido Consadole Sapporo 1-2 Kawasaki Frontale

Shonan Bellmare 1-1 Sagan Tosu

Vegalta Sendai 2-8 Yokohama F. Marinos

Kashiwa Reysol 0-1 FC Tokyo

Urawa Reds 3-1 Nagoya Grampus

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN x NeonPunch