Izakaya, Bar Tradisional Tempat Orang Jepang Melepas Lelah




Saat akhir pekan, orang Jepang biasa menghabiskan malam di izakaya

Rasanya sudah menjadi rahasia umum jika Jepang terkenal sebagai salah satu bangsa pekerja keras di dunia ini. Selain karena sudah menjadi kultur, tuntutan biaya hidup yang tinggi di Negeri Sakura membuat mereka tak mengenal lelah untuk bekerja.

Meski demikian, disela-sela kesibukan, mereka biasanya menyempatkan diri berkumpul bersama kerabat ataupun para sahabat untuk melepas lelah dan bersandar gurau di sebuah bar tradisional Jepang yang disebut izakaya. Interior tempat ini biasanya dari kayu, yang semakin menambah kesan tradisional.

Baca Juga
Goukon, Kencan Buta Ala Jepang
Tachigui, Menikmati Restoran Cepat Saji Berdiri di Jepang
Yatai, Kios Jajajan Pinggir Jalan Khas Jepang
Mencari Gyudon Terbaik antara Sukiya, Matsuya, dan Yoshinoya!

Tidak heran jika ditemukan banyak orang yang masih memakai baju kantoran mendatangi tempat ini. Selain itu, tempat ini sering dijadikan oleh sekelompok orang untuk mengadakan pesta kecil-kecilan untuk merayakan sesuatu. Perayaan yang sering dilakukan di tempat ini seperti kencan buta (go-kon) dan pesta minum minum (bo-nen-kai) terutama di akhir pekan. Gelak tawa pengunjung menjadikan tempat ini tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Izakaya menjadi tempat yang pas untuk menghabiskan malam bersama sahabat

Menu utama yang disajikan di izakaya adalah minuman beralkohol seperti sake dan bir, namun bukan berarti tidak ada makanan. Tempat ini tetap menyediakan kuliner seperti sushi, yakitori, chicken karaage, dan lainnya sebagai pelengkap para pengunjung menikmati minuman mereka.

Izakaya berawal dari toko sake (saka’ya, 酒屋; ya berarti toko) yang menjual sake secara eceran pada zaman Edo yang kemudian menyediakan tempat untuk minum di dalam toko. Seiring berkembang nya waktu izakaya mulai menambahkan menu makanan dan membuat dekorasi tersendiri untuk menarik pengunjung baik pria maupun wanita.

Sake dan bir jadi minuman utama di izakaya

Sekarang ini izakaya bukan hanya menjadi tempat berkumpulnya orang Jepang, namun sudah banyak turis asing yang menghabiskan malam mereka di bar tradisional ini karena harga makanan dan minuman yang dijual tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan bar modern ataupun pub.

Meski tempat ini identik dengan minuman beralkohol, izakaya tetap menyediakan minuman yang tidak mengandung alkohol agar orang yang tidak meminum alkohol tetap bisa berkumpul bersama sahabat mereka di sini. Para turis muslim pun tetap bisa untuk berkunjung. Suasana di dalam izakaya sangat meriah dan bising. Orang Jepang memang terkenal cukup berisik ketika sedang melakukan minum-minum bersama.

Suasana Izakaya selalu meriah setiap malamnya

Di Tokyo sendiri, izakaya akan dengan mudah ditemui, terutama di wilayah Shinjuku dan Shibuya. Beberapa Izakaya popular yang ada di Ibukota adalah Warayakiya di Roppongi yang beroperasi dari jam 5 sore sampai jam 5 pagi. Kemudian ada juga Bistro 35 Steps yang terletak di Shibuya, Tsuki no Shinzuku yang terletak di Ginza, dan Yui-an yang terletak di Shinjuku.

Jika kalian sudah sering makan ataupun sekedar minum-minum di sekitaran little Tokyo, Melawai, tentu sudah tidak asing dengan izakaya. Tempat ini juga sering muncul di dalam dorama ataupun film Jepang. Namun, tidak ada salahnya untuk merasakan langsung di Jepang saat sedang berkunjung.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.