Imbangi Senegal, Samurai Biru Menjaga Asa ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018




Gaku Shibasaki dan kolega mengucapkan terima kasih kepada pendukung yang sudah datang seusai pertandingan | PHOTO: SoccerKingJP

Pertandingan kedua fase grup H yang mempertemukan tim nasional Jepang dengan wakil dari benua Afrika, yakni Senegal telah berlangsung pada hari Minggu (24/06) malam waktu Indonesia. Kedua tim yang sama-sama meraih poin penuh di laga perdana tentu mengusung misi untuk menang agar bisa memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Di dalam dunia sepak bola, ada sebuah ungkapan terkenal yakni “Don’t change the winning team” dan hal ini yang dilakukan oleh pelatih Samurai Biru, Akira Nishino ketika menghadapi Senegal. Ia menurunkan pemain dan formasi yang sama persis ketika anak asuhnya mengalahkan Kolombia di pertandingan pertama.

Namun, Senegal yang baru kedua kalinya tampil di Piala Dunia sepanjang sejarah mereka justru tampil menekan semenjak awal pertandingan. Hal ini terbukti, Mbaye Niang dan kawan-kawan sukses unggul terlebih dahulu di menit ke-11 setelah bola tepisan Eiji Kawashima tepat mengarah kepada Saido Mane dan masuk ke dalam gawang.

Tertinggal satu gol membuat Makoto Hasebe dan kolega mulai keluar menyerang. Di menit ke-34, Takashi Inui sukses menyamakan kedudukan setelah tendangannya dari sudut sempit gagal dihalau kiper Senegal. Setelah mampu menyamakan kedudukan, Samurai Biru kembali menggempur pertahanan Senegal yang sayangnya tidak ada tambahan gol sehingga skor imbang 1-1 pun bertahan sampai turun minum.

Baik Jepang maupun Senegal langsung menjual beli serangan semenjak dimulainya babak kedua. Sayangnya, anak asuh Akira Nishino terlalu asyik menyerang sampai lupa untuk bertahan sehingga Senegal mampu kembali memimpin 1-2 lewat gol dari Moussa Wague di menit ke-71.

Masuknya Keisuke Honda mampu mengubah pola permainan, hasilnya tujuh menit setelah Senegal memimpin, mantan pemain AC Milan tersebut berhasil menyamakan kedudukan setelah menerima umpan dari Takashi Inui di muka gawang Senegal. Honda pun berhasil mencatatkan sebuah rekor sebagai pemain Jepang pertama yang sukses mencetak gol di tiga edisi Piala Dunia berbeda (2010, 2014 dan 2018)

Skor imbang 2-2 pun bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Hasil ini membuat kedua tim masih memimpin klasemen dengan sama-sama mengoleksi empat poin dari dua pertandingan. Laga penentu Jepang akan berlangsung tanggal 28 Juni mendatang menghadapi Polandia yang sudah dipastikan angkat koper setelah mereka takluk atas Kolombia 0-3. Selamat berjuang, Samurai Biru!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN x NeonPunch