Iimoriyama, Tempat yang Menjadi Saksi Bisu Seppuku




Wilayah utara Tohoku, termasuk Fukushima menjadi lokasi konsentrasi Shogun dan loyalisnya pasca kejatuhan zaman Edo pada tahun 1867. Mereka menentang sistem pemerintahan modern yang diterapkan oleh Jepang pasca Restorasi Meiji, namun akhirnya gagal karena menderita kekalahan telak dalam Perang Boshin di Kastil Tsuruga melawan pemerintahan Meiji pada tahun 1868.

Dua puluh tentara Aizu berusia 14 hingga 16 tahun yang tergabung dalam unit Byakkotai melihat kastil mereka terkepung oleh api dari atas bukit Iimoriyama dan akhirnya melakukan Seppuku, ritual bunuh diri yang dilakukan dengan cara merobek perut dengan pedang.

Baca Juga
Makana Harakiri di Zaman Dahulu dan Sekarang di Jepang
Mengapa Banyak Tragedi Bunuh Diri di Jepang?
Tempat-tempat Bersejarah yang Sangat Populer di Ehime dan Wajib di Kunjungi!
Hikikomori: Fenomena Mengurung Diri di Kamar Bertahun-tahun

Namun ternyata, mereka salah paham. Kastil tersebut sebenarnya tidak terbakar dan diduduki musuh, api yang mereka lihat tersebut berasal dari luar dinding kastil. Cerita mengenai loyalitas dan pengabdian dua puluh tentara remaja ini pun kemudian menjadi legenda.

Bukit Iimoriyama, tempat tentara-tentara Byakkotai melakukan seppuku kemudian menjadi terkenal dan menjadi tempat wisata. Di dasar bukit terdapat Byakkotai Memorial Hall dan Byakkotai Folklore and Historical Museum yang didedikasikan untuk para tentara Byakkotai.

Patung Tentara Byakkotai
Patung Tentara Byakkotai

Cerita ini tidak hanya melegenda di kalangan masyarakat Jepang, namun hingga dunia internasional. Pada tahun 1928, Benito Musolini memberikan sebuah pilar yang diambil dari reruntuhan kota Pompeii. Jerman juga menyatakan kekagumannya terhadap keberanian serta loyalitas tentara muda Byakkotai dengan memberikan logam penghargaan pada tahun 1935. Kedua penghargaan tersebut masih ada sampai sekarang dan diletakkan di dekat makam tentara Byakkotai.

Sementara itu di atas bukit, kita dapat melihat 19 makam dari tentara Byakkotai. Hanya terdapat 19 makam karena ternyata salah satunya tidak berhasil dalam upaya seppuku. Satu tentara yang masih hidup inilah yang akhirnya menyebarkan cerita mengenai seppuku tersebut. Di atas bukit juga terdapat patung tentara Byakkotai yang tampak memandang kastil Tsuruga dari kejauhan. Patung ini menirukan adegan yang dilakukan oleh para tentara saat melihat kastil Tsuruga terbakar.

Pilar Pemberian Benito Mussolini

Untuk mencapai bukit Iimoriyama, kita bisa menaiki bus kota Aizu dan turun di stasiun Iimoriyama-shita. Sedangkan untuk naik ke atas bukit dan melihat patung serta makam tentara Byakkotai, kita dapat menaiki tangga ataupun menaiki eskalator dengan biaya 250 yen.

Sumber: japan-guide dan Japan Reference

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1809 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.