Ibaraki: Menguak Keindahan Ribuan Pohon Plum di Kairakuen




Memasuki prefektur selanjutnya, The Daily Japan akan membahas keindahan yang terletak di Prefektur Ibaraki. Kota Mito yang merupakan ibukota dari Prefektur Ibaraki ternyata terkenal dengan tamannya yang indah, Kairakuen. Kairakuen berhasil meraih posisi tiga besar dalam taman terbaik di Jepang.

Secara historis, Kairakuen dibangun oleh Tokugawa Nariaki. Untuk pertama kalinya taman tersebut dibuka pada Juli 1842. Nama Kairakuen diambil dari sebuah Buku Mencius yang menyatakan, “ Para pendahulu ingin berbagi kebahagian dengan masyarakat, maka kebahagiaan mereka akan sepenuh hati dan juga dalam.”

Secara singkat taman ini dapat dimaknai sebagai sebuah taman yang dapat dinikmati bersama-sama. Sebenarnya taman ini juga dibangun dengan ide sebagai tempat untuk relaksasi pikiran dan tubuh setelah latihan militer dan kesusastraan yang intens di Kodokan. Kodokan dulunya adalah sekolah untuk anak bangsawan feodal dan para prajurit.

Kairakuen sempat terkena dampak dari Gempa Bumi besar yang menimpa Jepang beberapa tahun silam, namun telah melalui proses pemeliharaan kembali. Akhirnya taman tersebut pun kembali dibuka pada 7 Februari 2012 silam.

Kairakuen terkenal dengan Festival Plum atau Ume Matsuri yang biasanya berlangsung pada akhir Februari hingga Maret. Sebanyak lebih dari 100 tipe pohon plum dan lebih dari 3.000 pohon bermekaran. Sejauh mata memandang para pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan Kairakuen.

Malam Ume Matsuri
Malam Ume Matsuri

Pada periode berlangsungnya festival, para pengunjung tidak hanya untuk melihat pemandangan pohon-pohon plum saja, namun mereka juga terlibat dalam sejumlah acara kebudayaan di sana. Sejumlah kegiatan seperti kaligrafi, upacara minum teh, penampilan Taiko, tarian tradisional, pameran festival boneka, serta kontes foto dan puisi. Bahkan pengunjung juga dapat mencicipi wine dalam Festival Wine Plum dimana terdapat 150 jenis wine plum yang berasal dari berbagai wilayah di Jepang.

Namun jika anda tidak dapat mengunjunginya pada bulan tersebut, anda juga dapat datang pada musim lainnya. Keindahan Kairakuen tidak akan berakhir pada awal tahun karena pada musim gugur ketika tanaman Bush Clover bermekaran.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2132 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.