Taman Monumen Perdamaian Hiroshima, Mengenang Pentingnya Perdamaian




Shinzo Abe dan Barack Obama di Taman Monumen Perdamaian Hiroshima (2016)

Semua orang di dunia tentang sejarah Hiroshima yang menjadi salah satu kota yang dihancurkan oleh bom atom pada 6 Agustus 1945 saat Perang Dunia II

Sekarang kota tersebut telah pulih dari kehancuran dan menjadi kota modern yang luar biasa, tetapi ada banyak monumen dan museum untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang lupa tentang apa yang terjadi di hari naas tersebut.

Baca Juga
Kenapa Hiroshima dan Nagasaki Dijatuhkan Bom Atom oleh Amerika Serikat?
Mengunjungi Kuil Itsukushima Yang Terapung di Hiroshima
Kyoto Sejatinya Target Utama Bom Atom Pada Perang Dunia II
Masjid Kobe, Masjid Tertua di Jepang yang Tetap Kokoh dari Serangan Bom dan Gempa

Taman Monumen Perdamaian Hiroshima, sebuah taman di pusat kota Hiroshima, yang di dalamnya terdapat berbagai monumen dan museum yang bertujuan untuk mengingatkan umat manusia akan pentingnya perdamaian. Seperti apa suasana di taman tersebut? Simak di bawah ini!

Kubah Bom

Salah satu monumen paling ikonik adalah A-Bomb Dome atau Kubah Bom. Saatu dari beberapa bangunan yang dekat dengan pusat ledakan yang hampir bertahan seutuhnya.

Kubah yang terletak di puncak bangunan sekarang hanya sebuah cangkang dan banyak bagian dari bangunan tersebut yang hancur, namun apa yang masih tersisa disimpan sebagai peringatan dan kenangan.

Taman Memorial Damai

Tepat di sebelah kubah ada Peace Memorial Park atau Taman Memorial Perdamaian. Sepanjang taman ada banyak situs peringatan. Monumen damai untuk anak-anak yang mempunyai seribu bangau dari kertas lipat yang dibuat oleh anak-anak dari seluruh Jepang, terinspirasi dari kisah terkenal Sadako Sasaki.

Sadako adalah gadis yang meninggal karena reaksi dari bom atom, ia mencoba melipat seribu bangau dari kertas lipat untuk mewujudkan impiannya agar sembuh namun tutup usia sebelum dapat menyelesaikannya.

Monumen Api Perdamaian

Monumen terkenal lainnya adalah Flame of Peace atau Api Perdamaian yang akan menyala sampai seluruh senjata nuklir terbongkar.

Pemandangan terbaik adalah bila kita melihat dari tugu cenotaph (tugu untuk korban bom) yang membingkai api dengan latar Kubah Bom di belakangnya.

Aula Peringatan

Di Memorial Hall atau Aula Peringatan kita akan merasa seperti berjalan menuju kuburan saat mengikuti jalur spiral menuju ke bawah.

Di dasar ada aula di mana kita dapat melihat pemandangan kehancuran di atas nama-nama para korban secara 360 derajat. Saat memasuki aula tersebut sangatlah hening dan sangat menghayati karena melihat jumlah orang yang meninggal tertulis di hadapanmu.

Museum Peringatan Perdamaian

Peace Memorial Museum atau Museum Peringatan Perdamaian adalah tempat di mana seseorang harus berjalan melalui beberapa poin di hidupnya, terutama orang-orang yang mengontrol bom nuklir saat ini.

Bagian pertama museum ini menjelaskan secara faktual menjelang jatuhnya bom pertama, tetapi bagian utama dari museum jauh lebih mengerikan.

Museum tersebut menjelaskan secara rinci akhir dari ledakan, bagaimana orang-orang dan anak-anak Hiroshima menderita dan meninggal di hari-hari setelahnya.

Kisah pribadi dari tragedi dan rasa kehilangan membawa kita ke dalam tangis. Ini bukan cara yang mudah untuk menghabiskan waktu siang hari kalian tetapi adalah sesuatu yang berharga untuk dilihat paling tidak sekali di hidup kalian.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.