Henn-na Hotel, Penginapan yang Dioperasikan oleh Robot-robot Pintar




Tiga robot di lobi utama siap menyambut para tamu

Jepang memang tidak ada habisnya untuk memberikan inovasi dalam segala bidang. Terutama dalam bidang teknologinya yang terbilang maju. Salah satu teknologi Jepang yang terkenal adalah bisa menciptakan robot yang bertingkah layaknya manusia.

Hal ini disadari betul oleh Hideo Sawada, selaku Presiden sebuah taman hiburan di Prefektur Nagasaki, yaitu Huis Ten Bosch dengan membuka sebuah hotel dimana para pegawai operasinya merupakan sebuah robot.

Baca Juga
Panduan Menginap di Warnet Jepang
Hotel Syariah Untuk Turis Muslim Telah Dibuka di Kawasan Gunung Fuji
Panduan Menginap di Hotel Kapsul Jepang
5 Hotel Unik di Jepang yang Wajib Disinggahi

Adalah Henn-na Hotel yang secara resmi dibuka pada 17 Juli 2015 yang lalu. Hotel ini dipromosikan dengan slogan “A Commitment for Evolution”. Namanya sendiri mempunyai arti “to change” atau “perubahan”.

Di Henn-na Hotel, robot-robot akan melayani para wisatawan layaknya manusia biasa. Di lobi utama, terdapat tiga robot yang siap membantu untuk melayani tamu untuk check in dan check out. Uniknya, ketiga robot ini memiliki bentuk yang berbeda. Robot berbentuk perempuan cantik (bentuk manusia), robot dinosaurus, dan sebuah robot mungil yang lucu. Robot-robot ini bisa berbicara dalam bahasa Jepang, Inggris, dan Korea.

Robot Dinosaurus di Henn-na Hotel
Wisatawan akan dilayani dengan ramah oleh robot dinosaurus ini

Setelah proses check in selesai, sebuah robot porter sudah siap membantu membawakan tas atau koper wisatawan. Robot porter ini kemudian akan mengantarkan langsung menuju kamar wisatawan yang sudah ditentukan. Tersedia juga robot yang berbentuk seperti lengan di dalam ruangan loker. Robot ini akan membantu menyimpan tas atau barang bawaan wisatawan ke dalam loker.

Di setiap kamar juga sudah tersedia satu robot kecil yang bernama Churry Robo. Robot ini akan membantu keperluan wisatawan seperti mengatur suhu ruangan, mematikan dan menyalakan lampu, menanyakan waktu dan cuaca, juga bisa memasang alarm. Wisatawan bisa memerintah langsung robot tersebut dengan cara berbicara.

Robot porter ini akan mengantar barang bawaan wisatawan ke kamar
Robot porter ini akan mengantar barang bawaan wisatawan ke kamar

Untuk keamanan hotel yang total mempunyai 72 kamar ini, wajah setiap wisatawan yang menginap akan di-scan. Jadi, ketika wisatawan hendak masuk ke kamarnya, akan ada scan wajah di pintu masuk. Hal ini membuat kunci kamar tidak diperlukan lagi.

“Henn-na Hotel ini sepenuhnya akan menjadi hotel yang paling efisien di dunia”, ungkap Hideo Sawada selaku presiden Huis Ten Bosch. Kemudian beliau menambahkan, “Di masa mendatang, lebih dari 90% pelayanan hotel ini akan dioperasikan oleh robot”.

Menurut portal berita Jepang Newswitch, saat ini Henn-na Hotel sedang dalam tahap rencana membangun dua hotel baru. Satu hotel sedang dalam tahap pembangunan di salah satu kota di Jepang dan akan diresmikan pada awal 2017.

Sedangkan satu hotel lagi kemungkinan akan dibangun di luar Jepang, tepatnya di Pulau Bali, Indonesia. Pembangunan hotel robot di Bali ini masih dalam tahap mencari sponsor untuk mendukung rencana besar ini.

Wah bagaimana jadinya ya kalau rencana ini berhasil terealisasikan? Selain bisa meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang, sudah pasti hal ini juga akan mendongkrak pariwisata Indonesia, khususnya Bali.

Deluxe room yang dilengkapi Churry Robo
Deluxe room yang dilengkapi Churry Robo

Henn-na Hotel (Website)
Alamat: 6-5 Huis Ten Bosch-cho, Sasebo City, Nagasaki
Telepon: 0570-064-110 (0956-27-0526 untuk luar Jepang)
Petunjuk Arah: Sekitar 15 menit jalan dari Stasiun JR Huis Ten Bosch. Untuk penjemputan tersedia di “Hotel Baggage Office“ di depan pintu masuk Huis Ten Bosch.
Tarif kamar (per malam):
Standar Room – 15,200 yen
Superior Room – 18,400 yen
Deluxe Room – 25,000 yen

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.